TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Dirasakan saat Tahu Tujuan Hidup Jangka Pendek dan Panjang

Setiap langkahmu selalu ada kemajuan dan perkembangan

ilustrasi punya tujuan hidup membuatmu semakin maju secara terarah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tujuan hidup setiap orang berbeda-beda, tapi kuncinya jika sudah tahu kamu akan ke mana, tentu kemajuan dan perkembangn akan didapat di setiap langkah demi langkahnya. Betapa berpengaruhnya hal ini di dalam kehidupan, karena terdapat rencana dan strategi menggapai cita-cita.

Bagi kamu yang sudah tahu tujuan hidup jangka pendek dan panjang yang ingin diraih, berikut beberapa hal baik yang akan kamu rasakan di setiap harinya.

1. Semakin mampu memahami segala hal yang kamu alami 

ilustrasi memahami diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Meraih tujuan hidup, baik jangka pendek atau panjang dalam prosesnya kamu akan melihat secara luas tentang apa yang ingin dituju. Proses tersebut membuatmu semakin mampu mengerti dan memahami segala hal yang kamu alami.

Baik itu pengalaman menyakitkan atau membahagiakan, kamu bisa menerima dengan bijaksana dan memahami makna positif yang sesungguhnya. Sehingga, mengalami berbagai jenis tantangan dalam proses berjuang menjadi sesuatu yang bisa membuatmu belajar banyak hal.

Baca Juga: 5 Tips Menetapkan Tujuan Hidup yang Baik, Jangan Gampang Ikut-ikutan

2. Lebih fokus dalam melakukan rencana yang telah dibuat 

ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro)

Tingkatan fokus dalam berkegiatan di setiap perencanaan akan semakin tinggi, ketika tujuan hidup, baik jangka pendek maupun panjangnya sudah kamu ketahui. Fokusmu tak mudah terdistraksi oleh hal-hal yang di luar rencana.

Ini sangat menguntungkan, karena di setiap tahapan pasti akan ada kemajuan yang signifikan. Sekalipun kecil, jika kamu terus fokus, lama-lama akan terkumpul dan menjadi besar, hingga tanpa disadari target jangka pendeknya berhasil didapat, lalu semakin mengarahkanmu ke jangka panjangnya.

3. Tak kesulitan mengabaikan hal-hal yang kurang baik 

ilustrasi proses memilih hal-hal baik yang harus dilakukan (pexels.com/Alena Darmel)

Rintangan menggapai tujuan hidup, salah satunya adalah kemampuan mengabaikan hal-hal buruk. Terkadang, sesuatu yang kurang baik, justru nikmat dijalankan. Namun, jika kamu sudah tahu tujuan hidup ke depan, mengabaikan hal negatif, tak sulit untuk dilakukan.

Pusat pikiranmu akan tetap di jalur yang positif. Jika bertemu dengan hal negatif, akan secara otomatis kamu menyadari dan menghindarinya. Memang butuh waktu, maka latihlah dirimu mulai dari sekarang, agar semakin terbiasa.

4. Tak ada keinginan membandingkan kesuksesan 

ilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Royal Anwar)

Sukses menjadi tujuan hidup banyak orang, meski berbeda bidangnya, tapi inilah tujuan utamanya. Sudah mengetahui apa yang menjadi target di dalam kehidupan, dapat melindungimu dari kegiatan membanding-bandingkan kesuksesan.

Setiap orang memiliki perjalanan dan waktu yang tidak sama. Ketika kamu mengetahui orang lain telah berhasil meraih sukses. Bagi kamu yang sudah jelas tentang tujuan hidupnya, tak akan ada perasaan ingin membandingkan kesuksesan. Sehingga, hati senang dan pikiran pun tenang.

Baca Juga: 5 Penyebab Hidup Hilang Arah dan Tujuan, Mudah Terpengaruh

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya