TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Milenial Harus Memilih Produk Berdasarkan Tujuan Baiknya

Bisa selamatkan bumi dan kelangsungan hidup manusia, lho  

Ilustrasi berbelanja (unsplash.com/boxedwater)

Berbelanja menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang paling sering dilakukan. Terlebih di saat masa pandemik COVID-19 ini, berbelanja seakan jadi pelepas stres. Di masa sekarang, berbelanja bisa dibilang makin mudah, karena adanya layanan online.

Banyak hal penting yang harus diperhatikan saat berbelanja. Salah satunya adalah keunggulan sebuah produk yang dipilih. Biasanya, orang selalu membeli produk berdasarkan harga. Mana yang lebih murah, pasti akan di pilih.

Produk murah memang gak bikin kantong kering. Tetapi, alangkah lebih baik jika kita memilih produk yang memiliki tujuan baik demi keselamatan bumi dan kelangsungan hidup manusia.

Awalnya memang tak mudah dan cukup membebani, tapi banyak hal baik yang akan kita dapatkan di masa mendatang. Biar gak bingung, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus memilih produk berdasarkan tujuan di baliknya!

1. Bahan yang digunakan ramah lingkungan  

Ilustrasi ramah lingkungan (unsplash.com/mertguller)

Salah satu hal baik yang saat ini sedang digalakkan banyak produk adalah dibuat dari bahan ramah lingkungan. Seperti kita tahu, ada banyak produk tak bertanggung jawab yang proses pembuatannya merugikan lingkungan, bahkan hewan.

Produk dengan tujuan baik tidak akan menggunakan animal testing pada produknya. Artinya, produk buatannya tidak diujicobakan pada hewan. Selain itu, produk akan menggunakan bahan mudah daur ulang untuk packaging-nya.

Meski sepele, limbah produk yang sudah tak digunakan pasti akan menumpuk menjadi sampah. Pilih produk bertujuan baik, supaya bumi bisa bertahan lebih lama untuk kita tinggali dengan layak.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan Milenial Guna Ubah Mindset Mager

2. Ada aksi sosial guna menyejahterakan masyarakat  

ilustrasi kampanye tentang bumi (unsplash.com/markusspiske)

Selain memuaskan pembeli, sebuah produk diluncurkan juga untuk menyejahterakan masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya produk yang memiliki aksi mulia di balik keberadaannya.

Beragam aksi lingkungan dan sosial mulai melekat dengan sebuah produk. Mulai dari menyelamatkan bumi, menyejahterakan masyarakat tertentu, hingga menjamin pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Dengan membeli produk berdasarkan tujuannya, kamu juga turut serta membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik, lho. Perhatikan produk dengan saksama, ya!

3. Mendukung perempuan untuk tetap berdaya

Ilustrasi grup perempuan (unsplash.com/joelmuniz)

Selain berdampak bagi lingkungan, ada pula produk-produk yang memperhatikan dan mendukung setiap gerak perempuan, lho. Masyakarakat Indonesia bisa dibilang perlahan-lahan mulai memperhatikan isu perempuan.

Produk yang menunjukkan dukungannya pada perempuan biasanya memiliki tujuan baik. Mulai dari mendukung perempuan untuk berkembang jadi pribadi yang tak terhentikan, memberi pelatihan wirausaha agar tetap berdaya, hingga pengembangan diri.

Peduli terhadap masa depan perempuan gak sesulit itu, kok. Kamu cukup membeli produk dengan tujuan menyejahterakan perempuan.

4. Membantu mewujudkan tujuan baik dari produk tersebut

Unilever Indonesia (instagram.com/unileveridn)

Di saat sudah ada produk dengan tujuan baik, kita sebagai konsumen sudah sepantasnya mendukung. Dengan membeli produk-produk ramah lingkungan dan mementingkan kehidupan berkelanjutan, kita sudah berkontribusi nyata, lho.

Unilever Indonesia sudah membuktikan melalui beberapa produk andalannya. Banyak produk yang dibuat demi keberlangsungan hidup manusia. Produk-proudk itu dikategorikan sebagai Unilever Sustainable Living Plan (USLP).

Dengan menggunakan produk Lifebuoy, kamu membantu upaya edukasi hidup bersih dan sehat pada masyarakat Indonesia. Selain itu, ada pula Bango yang memperhatikan kesejahteraan petani melalui pengembangan praktik pangan berkelanjutan.

Melalui pemilihan tepat dalam berbelanja sebuah produk, kamu bisa menjadi agen perubahan, lho. Kelihatannya memang sepele, tetapi #EveryUDoesGood yang dilakukan terus-menerus akan berdampak besar bagi banyak orang.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Beralih ke Produk Organik dan Ramah Lingkungan

Verified Writer

Fernanda Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya