TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Bantu Kamu Berkembang di Era Digital

Tambah wawasanmu untuk pengembangan diri

ilustrasi membaca buku (freepik.com/pressfoto)

Jika kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik di era digital, maka kamu perlu meningkatkan diri dengan membaca buku-buku self-development. Ada banyak buku yang membahas topik ini, tapi lima buku berikut terbukti sangat efektif dalam membantu banyak orang mencapai potensi terbaik mereka. Buku-buku ini memiliki metode yang praktis, dengan gaya penulisan yang mudah dipahami sehingga mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Penasaran buku apa saja yang bisa membantumu menjadi pribadi dengan kemampuan pengembangan diri yang lebih baik di era digital? Berikut lima daftarnya yang telah dirangkum spesial untuk kamu. Keep reading!

1. Atomic Habits oleh James Clear

potret buku Atomic Habits oleh James Clear (jamesclear.com)

Atomic Habits oleh James Clear adalah buku self-development yang sangat populer di era digital saat ini. Buku ini memberikan pandangan yang jelas dan praktis tentang cara membangun kebiasaan yang efektif dan menghilangkan kebiasaan buruk. Buku ini tidak hanya membahas tentang bagaimana membentuk kebiasaan baru, tetapi juga bagaimana mengubah kebiasaan yang sudah ada dan membuatnya lebih produktif.

Dalam buku ini, James Clear menjelaskan bahwa kebiasaan yang baik tidak terbentuk dalam semalam. Sebaliknya, kebiasaan yang baik terbentuk melalui perubahan kecil yang konsisten. Buku ini memberikan tips dan strategi yang praktis tentang bagaimana merancang lingkungan yang mendukung kebiasaan yang positif, bagaimana memotivasi diri sendiri dan bagaimana mengatasi hambatan yang menghalangi kita untuk mencapai tujuan kita. Buku ini juga mengajarkan tentang pentingnya memantau kemajuan kita dan membuat perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kita.

Atomic Habits adalah buku yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan kualitas hidup kamu di era digital. Dengan membaca buku ini, kamu akan mendapatkan pandangan yang berbeda tentang bagaimana membangun kebiasaan yang efektif dan menjadi pribadi yang lebih baik. Buku ini memberikan tips dan strategi yang praktis dan mudah diterapkan sehingga kamu dapat langsung mulai mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari.

2. Digital Minimalism oleh Cal Newport

potret buku Digital Minimalism oleh Cal Newport (chatsach.com)

Digital Minimalism oleh Cal Newport adalah buku self-development yang membahas tentang cara memanfaatkan teknologi secara bijak di era digital ini. Buku ini menjelaskan bahwa teknologi dapat memberikan manfaat yang besar, tetapi jika tidak digunakan dengan bijak, teknologi juga bisa menjadi ancaman bagi kesehatan mental kita. Juga mengajarkan tentang cara mengatur penggunaan teknologi kita sehingga kita bisa memperoleh manfaat dari teknologi, tanpa terjebak dalam ketergantungan yang merugikan kita.

Cal Newport menjelaskan konsep "digital minimalism" dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep ini mengajarkan tentang bagaimana mengurangi penggunaan teknologi kita dan memilih teknologi yang benar-benar bermanfaat bagi kehidupan kita. Buku ini memberikan tips dan strategi praktis tentang bagaimana menghilangkan kebiasaan buruk yang terkait dengan penggunaan teknologi dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih positif hingga pentingnya mengalokasikan waktu kita dengan bijak dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup kita.

3. The Power of Now oleh Eckhart Tolle

potret buku The Power of Now oleh Eckhart Tolle (lacrisalidaretreats.com)

The Power of Now adalah buku self-development yang sangat populer dan telah membantu banyak orang dalam perjalanan spiritual mereka. Dalam buku ini, Eckhart Tolle mengajarkan tentang kekuatan dari "sekarang" dan bagaimana hidup dalam saat ini dapat membawa kebahagiaan, kedamaian dan makna yang lebih dalam dalam hidup kita. Buku ini membahas tentang bagaimana kebiasaan kita untuk terjebak dalam masa lalu atau khawatir tentang masa depan dapat menghambat kebahagiaan dan kesuksesan kita.

Tolle menawarkan berbagai praktik meditasi dan pemahaman tentang keberadaan kita di dunia ini, serta cara memperoleh kedamaian dan kebahagiaan melalui kesadaran akan keberadaan kita di saat ini. Ia juga membahas tentang bagaimana pikiran kita mempengaruhi emosi dan tindakan kita, dan bagaimana kita dapat mengendalikan pikiran kita untuk memperoleh kebahagiaan dan kesuksesan yang lebih besar. Buku ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang keberadaanmu di dunia ini dan cara memperoleh kebahagiaan dan kedamaian melalui kesadaran akan keberadaanmu di saat ini.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buku Tebal atau Buku Tipis, Bukan Buat Book Shaming!

4. The 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen Covey

potret buku The 7 Habits of Highly Effective People oleh Stephen Covey (expords.com)

The 7 Habits of Highly Effective People adalah buku self-development yang sangat terkenal dan telah membantu banyak orang untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup mereka. Stephen Covey membagikan tujuh kebiasaan yang dapat membantu kamu mencapai keberhasilan yang lebih besar dalam hidupmu, mulai dari kebiasaan yang mendasar hingga yang lebih kompleks. Buku ini memberikan kamu pandangan yang lebih dalam tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan memperoleh kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupanmu.

Covey membahas tentang kebiasaan dasar seperti memulai dengan akhir di pikiranmu, memprioritaskan tugas-tugasmu, dan berkomunikasi dengan efektif. Buku ini juga membahas tentang kebiasaan yang lebih kompleks, seperti membangun hubungan yang kuat dan memperoleh keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengan membaca buku ini, kamu akan belajar bagaimana merencanakan hidupmu dengan lebih efektif, meningkatkan kemampuanmu untuk bekerja dengan orang lain, dan mencapai tujuanmu dengan lebih mudah. The 7 Habits of Highly Effective People adalah buku yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin meningkatkan kehidupanmu dan menjadi pribadi yang lebih sukses.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Merasa Kehilangan

Verified Writer

Alfikri Saga

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya