TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ingin Memelihara Binatang? Jangan Lupa Mempertimbangkan 5 Hal Ini

Sekadar suka belum cukup, lho 

Unsplash.com/yey_eye

Punya binatang peliharaan sepertinya memang menyenangkan ya? Selain tingkah mereka yang lucu, kamu juga jadi gak kesepian. Namun ternyata, alasan seperti ini belum layak lho, untukmu segera memutuskan memelihara binatang.

Alasan demikian masih terlalu egois dan bisa berujung buruk untuk binatang itu sendiri. Nah, untuk mematangkan keputusanmu memelihara binatang, sebaiknya kamu mempertimbangkan 5 hal ini terlebih dahulu:

1. Pastikan kamu gak punya alergi 

Unsplash.com/japhethmast

Kalau kamu ada alergi binatang, tentu akan menyulitkanmu untuk merawat binatang peliharaanmu. Jangankan merawatnya sendiri, berdekatan saja sudah bikin alergimu muncul.

Kan, kamu juga jadi sulit bermain dengannya. Perlu diwaspadai juga tingkat keparahan alergimu. Jangan sampai kamu sendiri menderita, binatang kesayanganmu juga telantar.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan Memelihara Kucing, Apakah Berbahaya untuk Kita?

2. Pastikan memelihara binatang diizinkan di lingkungan tempat tinggalmu 

Unsplash.com/cjinfantino

Terutama buat kamu yang gak tinggal di rumah pribadi. Misal, anak kos atau mengontrak. Bertanyalah dahulu pada pemilik kos atau kontrakan. Apakah memelihara binatang diizinkan?

Jika diizinkan, binatang apa saja yang boleh dipelihara? Biar kamu gak salah mengira semua binatang boleh, termasuk yang cukup berbahaya. Kamu juga harus bertenggang rasa pada teman kos. Siapa tahu ada yang fobia binatang, kan?

3. Pastikan kamu punya sarana dan prasarana yang memadai untuk memelihara binatang 

Unsplash.com/ramche

Misal, soal kandang dan tempat pembuangan kotorannya. Kalau kandangnya cuma asal-asalan, tentu kasihan binatangnya. Seperti kekecilan atau gak punya atap yang layak untuk melindunginya dari panas matahari dan hujan.

Begitu juga soal pembuangan kotorannya. Jangan sampai saat kamu bersih-bersih kandang, tetanggamu sangat terganggu oleh bau tak sedap. Lingkungan tempat tinggal pun jadi tercemar, jorok. Selain bikin gak nyaman orang, juga bisa jadi sumber penyakit, kan?

4. Pastikan kamu bisa memberinya makanan dan perawatan yang tepat 

Unsplash.com/ataheri

Kalau sudah berniat memelihara binatang, pastikan kamu juga sudah memperhitungkan biaya perawatannya ya! Makin baik perawatannya, tentu biaya makin banyak. Pastikan penghasilanmu cukup dan gak mengganggu pemenuhan kebutuhanmu.

Makanannya jangan sembarangan. Apalagi asal memberinya makanan sisa di rumahmu. Gak semua jenis makanan manusia bisa dimakan binatang. Berhemat boleh, tetapi jangan jadi jahat sekalipun sama binatang. Mereka juga ciptaan Tuhan, kan?

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya