TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal yang Pasti Akan Kamu Rasakan Ketika Terlalu Asik dengan Gadget

Jangan menjadi budak teknologi

unsplash/juligentx

Gadget dan manusia saat ini adalah dua hal yang sangat sulit dipisahkan. Kehidupan manusia hampir sulit dipisahkan dengan kehadiran gadget. Anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia bisa dipastikan sudah mengenal hingga memiliki gadget. Selain mempermudah berbagai aktivitas, gadget ternyata memiliki sisi buruknya. Di bawah ini ada beberapa hal yang sering terjadi ketika terlalu asyik dengan gadget. Simak yuk

1. Penglihatan memburuk

unsplash/victo

Hal yang pasti akan kamu rasakan jika terus menerus terpapar gadget adalah kemampuan penglihatanmu menurun. Gadget yang bagimu sangat membantu juga memiliki bahaya macam radiasi jika secara konsisten terpapar langsung dengan matamu. Maka dari itu gunakanlah secara bijak dan coba jangan terlalu lama-lama dalam menggunakan gadget. Batasi waktu penggunannya dan gunakan jika itu memang penting.

2. Kreatifitas menjadi berkurang

unsplash/alicegrace

Gadget nyatanya bisa menjadi jendela untuk membuka matamu melihat dunia. Namun jika kamu hanya menggunakan gadget untuk sesuatu yang tidak berguna. Maka dapat dipastikan kamu hanya akan mendapatkan hal negatif dari sebuah gadget. Salah satunya adalah tingkat kreatifitasmu berkurang. Kamu menjadi terlalu malas untuk berpikir kreatif dan melakukan hal-hal yang kreatif karena merasa ada gadget yang mampu melakukan hal tersebut.

3. Malas berinteraksi di dunia nyata

unsplash/rawpixel

Merasa nyaman dan enjoy di dunia maya membuatmu lupa bahwa ada dunia nyata yang saat ini ada di depanmu. Gadget sering membuat seseorang malas untuk berinteraksi dengan sesamanya. Bahkan momen kumpul-kumpul bersama teman bisa menjadi sangat hambar karena satu sama lain hanya sibuk dengan gadget masing-masing ketimbang berinteraksi satu sama lain.

Baca Juga: Bukan Gadget, Ini 7 Mainan Tradisional yang Membuat Anak 90an Bahagia

4. Sulit untuk fokus

unsplash/chaseelliottclark

Gadget bisa menjadi pemecah konsentrasi yang sangat ampuh. Dengan berbagai fitur yang dimiliki gadget macam game dan sosial media. Fokus menjadi hal yang sulit dilakukan ketika sudah asyik dengan gadget. Maka dari itu, jika kamu ingin fokus. Cobalah singkirkan gadgetmu dan mulailah berpikir kreatif dan fokus.

5. Membandingkan hidup dengan orang lain

unsplash/kalvisuals

Tidak dipungkiri dengan hadirnya berbagai fitur media sosial di sebuah gadget menjadikan banyak manusia sering merasa iri satu sama lain. Hati-hati karena semakin lama kamu menghabiskan waktumu dengan gadget dan sosial media maka akan semakin besar dirimu untuk tidak bersyukur dengan dirimu sendiri. Gadget menjadi sarana untuk membandingki hidup dengan orang lain. Dan tentu ini menjadi hal negatif karena banyak membuat orang semakin tidak percaya diri dengan kemampuannya.

6. Merasa sibuk tapi tidak produktif

unsplash/bradneathery

Pernahkah kamu seharian bersama gadgetmu dan tak melakukan apapun selama seharian? Jika kamu melakukan hal tersebut maka kamu sudah termasuk orang-orang yang terlalu sibuk dengan gadget. Imbasnya adalah kamu seolah-olah merasakan kesibukan saat menggunakan gadget. Namun perasaanmu yang seoalah sibuk itu tidak menghasilkan sesuatu yang produktif sama sekali. Lain hal jika kamu memanfaatkannya untuk belajar dan berbisnis.

Baca Juga: 7 Cara Ini Mampu Mengatasi Kecanduan Gadget yang Sedang Kamu Alami

Verified Writer

M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya