7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alami

Stop kecanduaan gadget sekarang juga

Saat ini gadget merupakan salah satu benda yang tidak bisa jauh-jauh dari tangan banyak orang. Karena dengan gadget kita bisa menggali informasi, dijadikan sebagai tempat berekspresi hingga bisa kita gunakan sebagai ladang mencari uang.

Namun di samping semua itu, banyak sekali orang yang menghabiskan banyak waktunya hanya karena barang elektronik yang satu ini. Bahkan sampai-sampai melupakan pekerjaan dan orang-orang terdekatnya hanya karena terlalu serius dengan gadget.

Menggunakan gadget memang tidak ada salahnya. Tapi kalau sampai kecanduan atau tidak bisa jauh-jauh dari gadget, ini sangat membahayakan bagi kamu. Berikut ini ada 7 cara agar kamu bisa mengatasi kecanduan gadget. 

1. Memperbanyak sosialisai dengan teman dan orang-orang terdekat

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@wildlittlethingsphoto

Pergilah traveling atau sekadar kumpul-kumpul bersama teman-teman terdekat. Karena jika kamu selalu sendirian, maka ujung-ujungnya adalah tidak bisa jauh dari gadget dan kembali tidak bisa jauh dari barang elektronik yang satu ini.

Di saat kumpul-kumpul bersama sahabat. Cobalah untuk tidak memegang gadget apalagi sampai terlalu fokus dengan gadget hingga melupakan kehadiran sahabat-sahabat kamu.

2. Mematikan gadget 30 menit sebelum tidur

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@pixabay

Jika sebelum tidur kamu mempunyai kebiasaan memainkan ponsel. Maka mulai dari sekarang kebiasaan tersebut harus kamu buang jauh-jauh agar kamu bisa lepas dari kecanduan ponsel.

Matikan ponsel kamu sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum kamu tidur. Ini juga berfungsi agar kamu bisa cepat-cepat tidur dan kembali segar dipagi hari.

3. Menghapus beberapa aplikasi yang membuat kamu kecanduan

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@pixabay

Setiap orang pasti mempunyai satu atau mungkin lebih, di ponsel atau gadget yang paling sering kamu mainkan. Jika aplikasi tersebut tidak memberikan banyak manfaat untuk kamu, lebih baik kamu hapus saja aplikasi tersebut.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Konon Kecanduan dengan Teknologi

4. Memberikan batasan waktu untuk menggunakan gadget

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@jeshoots-com-147458

Cobalah untuk memberikan batasan waktu saat kamu memainkan ponsel. Misalnya kamu tidak boleh menggunakan gadget di saat-saat tertentu. Seperti saat sedang berkumpul di ruang keluarga, makan bersama, sedang bekerja atau juga saat kencan bersama pasangan.

5. Gadget diganti dengan buku-buku

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@minan1398

Membaca buku pastinya akan lebih memberikan banyak manfaat daripada hanya sekadar memainkan ponsel pada waktu yang kurang pas. Carilah jenis buku yang kamu sukai dan galilah ilmu sebanyak-banyaknya dari buku yang kamu baca.

6. Menyimpan gadget di dalam tas saat sedang bepergian

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@freestockpro

Kalau memang ponsel tidak benar-benar kamu butuhkan saat bepergian. Alangkah baiknya untuk menyimpan ponsel di dalam tas atau ransel yang kamu bawa. Hal ini dilakukan agar kamu tidak sedikit-sedikit mengecek notifikasi yang ada di ponsel kamu dan agar kamu bisa mengatasi kecanduan ponsel.

7. Mengetahui dampak dari kecanduan gadget

7 Cara Atasi Kecanduan Gawai yang Sedang Kamu Alamipexels.com/@rawpixel

Coba deh kamu gunakan gadget kamu untuk mencari informasi tentang bahaya dari kecanduan gadget. Dijamin kalau kamu sudah banyak mengetahui tentang bahayanya, pasti kamu agar berpikir dua kali untuk terlalu sering memainkan gadget.

Well, setelah kamu mengetahui caranya. Saatnya untuk melakukan cara-cara di atas agar kamu bisa mengatasi kecanduan dari gadget.

Baca Juga: Biar Anak Tak Kecanduan Gadget, Ini 8 Hal Bijak yang Harus Diterapkan

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You