TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rawat Dirimu, Ini 5 Alasan Self-Care Mesti Turut Jadi Prioritas

Sempatkan self-care di waktu luangmu ya!

Unsplash.com/Brooke Cagle

Selama ini kamu pasti sudah banyak mendengar tentang self-love dan mungkin juga tengah menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan mencintai diri sendiri, merawatnya pun tak kalah penting. Self-care bila rajin dilakukan akan memberi manfaat baik secara fisik atau mental, lho.

Ada banyak alasan kenapa self-care tak boleh absen dari rutinitasmu. Bahkan mesti turut masuk ke dalam list prioritas. Simak yuk 5 alasannya!

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Unsplash.com/Xtra, Inc.

Self-care memang punya andil dalam meningkatkan kadar percaya diri. Kok bisa? Saat kamu merawat diri dengan baik, otomatis kamu akan jauh lebih sadar bahwa dirimu berharga. Paham tentang kelayakan diri, pelan-pelan kepercayaan diri akan naik seiring kamu kerap melakukan self-care. Boleh dicoba nih, terutama saat sedang berada di waktu luang.  

2. Kamu jadi sosok yang lebih produktif

Unsplash.com/You X Ventures

Hari-harimu boleh diisi dengan kesibukan, tapi tetap self-care tak boleh ditinggalkan begitu saja. Merawat diri membuat kamu lebih menikmati waktu yang kamu habiskan sendirian. Usai melakukan self-care, dirimu pun jadi lebih rileks. Inilah yang bakal bikin energi yang kamu miliki terisi kembali. Sehingga kamu jadi orang yang lebih produktif setelahnya.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Fokus kerja bertambah, makin banyak target tercapai

Unsplash.com/Gaelle Marcel

Karena pikiran jadi jauh lebih tenang setelah menyempatkan waktu untuk self-care, fokusmu pun meningkat. Kamu tak mudah lagi terdistraksi oleh hal-hal yang kurang penting. Percaya atau tidak, setelahnya akan makin banyak pencapaian dalam hidup kamu. Satu per satu hal yang kamu targetkan bukan cuma sekadar mimpi, tapi dapat terealisasikan.

4. Mencegah kamu dari godaan untuk menyerah

Unsplash.com/Brooke Cagle

Orang hebat tak pernah kenal kata menyerah. Saat kamu merawat diri dengan sangat baik, kamu jadi pribadi yang optimis dan selalu ingin yang terbaik untuk diri sendiri. Secara tak langsung, self-care menjauhkanmu dari godaan untuk menyerah. Biar saja rintangan datang menghadang. Akan tetapi semua bisa dihadapi selama masih ada kemauan.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Alasan Kenapa Self-Care Berpengaruh pada Kesuksesan

Verified Writer

Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya