Comscore Tracker

Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

Sudah tahu bedanya?

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah self-love dan self-care. Tetapi, apakah kamu benar-benar memahami keduanya?

Self-love dan self-care adalah dua istilah untuk menggambarkan situasi yang berbeda. Nah, untuk lebih memahaminya kamu bisa menyimak pembahasan yang sudah kami rangkum seperti di bawah ini.

1. Self-care lebih pada perawatan diri secara fisik dan mental

Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnyablog.colourfulrebel.com

Ketika begitu banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan untuk memenuhi hasrat dan kebutuhan kita, bertemu dengan kolega atau rekan kerja, serta menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, kita perlu sedikit waktu untuk merawat diri sendiri.

Self-care bisa didefinisikan sebagai tindakan merawat diri sendiri secara fisik dan mental. Ini adalah cara untuk memastikan kita mendapatkan waktu yang dibutuhkan untuk merasa nyaman dan damai, misalnya dengan membaca buku atau mendengarkan musik semalaman setelah lelah bekerja seharian.

Dengan kata lain, self-care adalah kesadaran diri yang kita butuhkan untuk tumbuh atau berkembang dengan cara yang membuat kita merasa santai dan bahagia.

Baca Juga: Sering Gak Sadar, Ini 5 Kebiasaan yang Masuk Kategori Self-Harm!

2. Self-love lebih pada menumbuhkan penerimaan terhadap diri sendiri

Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnyaunsplash.com

Di sisi lain, self-love lebih tentang menumbuhkan rasa terima kasih dan penerimaan terhadap diri sendiri, baik secara fisik ataupun emosional. Mempraktekkan self-love bisa terlihat melalui kebiasaan-kebiasaan seperti berdialog dengan diri sendiri secara positif, bersyukur atas apa yang sudah dimiliki dan didapatkan, atau berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Self-love berarti mencintai diri sendiri tanpa ada penyesalan, sedangkan self-care adalah meluangkan waktu untuk membuat tubuh merasa nyaman.

Self-love, bagaimanapun, adalah cara kita untuk mencapai penerimaan dan kepercayaan diri. Begitulah cara kita merasa lebih baik tentang diri sendiri dan menerima kekurangan kita. Orang-orang sukses memiliki kepercayaan diri untuk semua hal positif yang dilakukannya, dan itu dimulai dengan mencintai diri sendiri.

3. Meski berbeda, self-care dan self-love tetap sama pentingnya

Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama PentingnyaPexels/Kha Ruxury

Meskipun self-care dan self-love adalah dua hal yang berbeda, keduanya sama-sama diperlukan untuk memenuhi gaya hidup yang sehat, baik secara fisik ataupun mental.

Self-care memungkinkan kita untuk mempertahankan hubungan yang sehat dengan diri sendiri. Kita semua tahu betapa tidak nyaman rasanya jika kita bekerja tanpa henti dan tidak punya waktu untuk diri sendiri. Jadi, berlatih membiasakan self-care akan membantu kita memfokuskan kembali otak, seperti halnya yang terjadi saat kita melakukan meditasi.

Apa yang begitu penting dari self-care adalah kita menghabiskan waktu untuk menemukan apa yang membuat kita merasa bahagia atau membuat hari kita sedikit lebih baik. Ini bukan obat untuk depresi atau kecemasan, tetapi sesuatu yang ditambahkan ke rutinitas kita untuk mengurangi stress dan memperlambat laju hidup kita.

Kita memang tidak mungkin memanjakan dan mencintai diri sendiri sekaligus setiap hari. Namun, yang penting adalah kita berupaya menggabungkan hal-hal ini ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

Pada akhirnya, self-love dan self-care bukan hanya tentang menghargai diri sendiri, ini tentang menghabiskan waktu dan mencintai diri sendiri setiap harinya.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Love

Reksita Galuh Wardani Photo Verified Writer Reksita Galuh Wardani

Menulis adalah bekerja dalam keabadian - Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You