TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Patut Disyukuri, Ini 5 Hikmah yang Bisa Kamu Dapat Saat Jatuh Sakit

Coba lihat sisi positifnya

britishcouncil.org

Jatuh sakit adalah pengalaman buruk yang pasti ingin dihindari siapa pun. Bahkan sakit yang tergolong ringan seperti flu atau sakit kepala saja bisa memberikan sejumlah masalah. Aktivitas terganggu, produktivitas berkurang, dan pastinya tubuh terasa tidak nyaman karena rasa sakit tersebut.

Karena itu gak heran jika saat sakit, orang cenderung mengeluh dan bersungut-sungut. Tapi sebenarnya di balik setiap pengalaman buruk yang terjadi pada kita, pasti selalu ada hikmah tersembunyi. Jika kita bisa melihat hikmah tersebut, niscaya kita bisa lebih ikhlas dan bahkan bersyukur dalam menjalaninya.

Apa saja hikmah yang bisa kita dapat saat jatuh sakit? Ini dia 5 di antaranya.

1. Jangan pelit demi kebaikan diri sendiri

ox.ac.uk

Ada ungkapan umum bahwa sehat itu memang mahal, tapi sakit jauh lebih mahal. Ada pula pepatah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Kedua ungkapan tersebut menyiratkan bahwa kita memang seharusnya gak ragu mengeluarkan uang untuk menjaga kesehatan, bukan justru baru melakukannya ketika sudah sakit.

Mungkin selama ini kamu merasa dirimu sehat-sehat saja jadi gak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli makanan bergizi, vitamin, alat-alat olahraga, atau asuransi kesehatan. Tapi ketika kamu akhirnya jatuh sakit, barulah kamu sadar betapa pentingnya hal-hal tersebut.

Mengeluarkan uang untuk hal-hal itu tentu bisa mengurangi jatah pengeluaranmu untuk hal-hal lain. Tapi jangan khawatir, hal itu ga akan membuatmu rugi. Sebaliknya, kamu bisa rugi kalau gak melakukannya. Jadi, jangan pelit lagi, ya untuk kesehatanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Hikmah Penting dari Skripsi, Gak Sekadar Syarat Lulus

2. Hidup gak melulu harus "work hard play hard"

unsplash/bruce mars

Ungkapan terkenal lain yang mungkin sering kamu dengar adalah work hard, play hard. Yang artinya ketika kita sudah bekerja keras, kita harus mengimbanginya dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Tentu itu gak salah. Tapi selain work hard play hard, jangan lupakan juga istirahat.

Mungkin kamu gak pelit mengeluarkan uang untuk urusan kesehatan. Tapi bagaimana dengan waktu? Apakah kamu juga menyisihkan waktu untuk menjaga kesehatan? Misalnya daripada jalan-jalan setiap weekend, kenapa gak sesekali memanfaatkan waktu liburanmu untuk istirahat di rumah? Dijamin staminamu bakal terus terjaga sehingga gak gampang sakit.

3. Kamu bisa tahu siapa orang yang benar-benar peduli

etchingexpressions.com

Jatuh sakit juga bisa jadi kesempatan untuk tahu siapa orang-orang di sekitar kita yang benar-benar peduli. Sewaktu kamu sehat, setiap orang mungkin tampak baik dan peduli kepadamu. Tapi bagaimana ketika kamu sakit? Apakah mereka datang menjenguk, atau setidaknya mengirimkan ucapan get well soon? Atau mereka bahkan gak sadar kalau kamu sakit?

Yang jelas, keluarga pasti jadi salah satu yang paling peduli pada kita saat sakit. Hal itu pun menyadarkan kita bahwa keluarga adalah orang-orang terpenting di hidup kita. Mereka akan selalu peduli pada kita, bahkan walaupun selama ini kita kurang memperhatikan mereka karena sibuk. Jadi selagi kamu sehat, cobalah lebih memedulikan mereka juga, ya.

4. Kamu tidak sempurna, jadi buat apa sombong?

unitypoint.org

Sehebat apapun diri kita, kita tetaplah manusia biasa yang gak sempurna. Itu kenyataan yang terkadang bisa kita lupakan, dan baru teringat kembali ketika kita jatuh sakit. Mungkin kamu punya karier yang luar biasa, penampilan kece, atau kecerdasan dan skill mumpuni. Tapi itu semua gak lantas membuatmu jadi kebal penyakit, bukan?

Maka saat sakit, kita pun jadi sadar bahwa kita tetap punya kelemahan. Kita juga sadar bahwa kita pasti akan butuh bantuan dan perhatian dari orang lain. Kesadaran akan hal itu bisa menghindarkan kita dari sifat sombong sehingga gak dijauhi orang lain.

Baca Juga: 6 Resep untuk Memperoleh Hidup yang Lebih Positif, Jangan Sedih Terus!

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya