TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Kamu Tak Melulu Disakiti Saat Terjadi Suatu Permasalahan

#IDNTimesLife Berani keluar dari bahaya

ilustrasi wanita merenung (pexels.com/@rodnae-prod)

Menjalani hubungan yang kompleks seringkali sulit untuk berakhir dengan sebuah kebahagiaan. Banyak rintangan dan tantangan yang harus dihadapi oleh banyak pasangan tentunya.

Mereka tak bisa berpikir jernih dan seakan-akan merasa disakiti secara sepihak. Kamu mungkin juga berada dalam lingkungan yang seperti itu dan memerlukan lima tips berikut untuk keluar dari zona tersebut.

1. Berani menghadapi ketakutan terbesarmu

ilustrasi wanita merenung (pexels.com/@ivan-samkov)

Kamu harus bisa menghadapi ketakutan terbesarmu dalam arti yang luas. Kamu tak boleh mengeluh saat diberikan tanggung jawab yang besar. Banyak orang menyepelekan hal kecil yang belum tentu bisa mereka selesaikan.

Kamu harus menghargai peran serta pasanganmu dalam suatu hubungan. Jangan terlalu protektif kepada dirinya sehingga kebebasan yang ia punya harus berkurang karena sikap negatif dari dirimu sendiri.

2. Berikan kepastian dalam hubungan

ilustrasi pria merenung (pexels.com/@pexels.com/@rodnae-prod)

Kamu harus berikan kepastian hubungan yang mutlak sehingga tak ada persepsi lain yang mengganggu hubungan kalian berikutnya. Kamu harus menjadi pribadi yang kooperatif dengan setiap pertentangan yang ada.

Semua yang sudah terjadi tak boleh dipermasalahkan dengan penuh drama. Kalian harus mementingkan kepentingan bersama secara dominan dibandingkan kepentingan pribadi yang memicu egoisme semakin tinggi.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

3. Jangan berpikiran sempit

ilustrasi wanita menangis (pexels.com/@rodnae-prod)

Pikiran yang sempit bisa diartikan cara pandang seseorang yang selalu negatif kepada lawan bicaranya. Kamu tentu masih merasakan hal tersebut entah masalah kecil yang sebenarnya masih bisa ditoleransi.

Kamu harus memberikan contoh yang tepat dengan emosi yang stabil. Belajarlah untuk merenungkan setiap kejadian yang kamu alami di hari sebelumnya agar menjadi pembelajaran penting dalam mempertahankan hubungan yang baik.

4. Buat komitmen yang harus dijaga

ilustrasi pasangan berpelukan (unsplash.com/@candice_picard)

Kamu harus membuat komitmen dengan pasanganmu dan harus dijaga dengan baik. Semua yang sudah diputuskan menjadi janji yang sangat penting dan tak boleh dilanggar di masa depan.

Kejadian yang seringkali terjadi harus direnungkan bersama-sama agar mudah menemukan solusi dalam menyelesaikannya. Kamu bisa memulainya dari sekarang agar hubunganmu tetap harmonis.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Iri Hati agar Tidak Mencuri Kebahagiaan Hidup

Verified Writer

Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya