TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal Ini

#GoodLife Kamu tak akan pernah tahu sampai sudah mencobanya

unsplash.com/Alora Griffiths

Setiap orang pasti memiliki potensi atau kelebihan dalam dirinya sendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Coba lihat saja, ada yang pintar memasak, berbisnis, mengajar dan menulis. Tidak sedikit juga orang yang pada akhirnya sukses karena menekuni passion yang dimilikinya.

Meraih sukses tentu tidaklah mudah. Butuh proses yang panjang dan terkadang melelahkan. Tapi yang paling utama, kamu sudah tahu potensi yang ada dalam dirimu sendiri. Nah untuk memaksimalkan potensi dalam diri kita, coba lakukan lima hal ini.

1. Sisihkan waktu setiap hari untuk membaca

Unplash/Jp Valery

Mungkin terkesan sepele, membaca dapat menambah wawasan kita dan memberikan insight yang tak terduga. Perlu digarisbawahi, buku yang dibaca tentu adalah buku yang berkualitas. Dengan membaca, kita merangsang pikiran untuk menangkap ide-ide yang luar biasa. Dari ide-ide itu, kita bisa mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih aplikatif. 

Baca Juga: Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi Dirinya

2. Mengikuti pelatihan atau seminar sesuai minat kita

Unsplash/Akson

Kita pun harus aktif mengikuti banyak kegiatan jika ingin memaksimalkan potensi dalam diri kita. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan pelatihan yang sering diadakan. Cobalah meluangkan waktu untuk ikut pelatihan atau seminar yang ada. Misalnya, jika kamu bertekun di dunia bisnis, kamu bisa ikut seminar atau pelatihan tentang gimana sih cara meningkatkan omzet penjualan di era ini. Seminar dan pelatihan akan memberikan kita banyak wawasan baru sesuai minat kita. 

3. Bangunlah jaringan pertemanan seluas-luasnya

Unsplash/rawpixel

Untuk memaksimalkan potensi kita, kita pun butuh jaringan seluas-luasnya. Tidak ada salahnya, kita membangun jaringan seluas-luasnya agar kita pun dapat belajar dari kesuksesan orang lain. Bertemanlah sebanyak mungkin dengan orang-orang yang berkualitas dan telah sukses di bidangnya. Mungkin, kamu pun bisa bertukar pikiran dengan mereka dan mendapatkan inspirasi dari apa yang mereka sampaikan. 

4. Mulai melangkah dari hal-hal yang sederhana

Unsplash/Csababalazs

Nah, kamu telah mendapatkan banyak wawasan dan pelajaran-pelajaran baru. Kini, tiba saatnya untuk mencoba melakukannya. Tidak usah khawatir akan kegagalan. Kamu tidak akan pernah tahu seberapa kemampuanmu jika belum mencobanya. 

Baca Juga: Perlu Usaha, 7 Langkah ini Bisa Ubah Kebiasaan Burukmu Jadi Lebih Baik

Verified Writer

Nie Nie

Never stop learning...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya