TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kita Membutuhkan Lebih Banyak Petualangan dalam Hidup

Hidup cuma sekali dan jangan pernah sia-siakan

pixabay.com/JacksonDavid

Ketika kalian mendengar kata petualangan, kalian pasti sering berpikir tentang terbang ke tempat-tempat yang jauh, hidangan yang eksotis dan bersantai di pantai pasir putih di suatu tempat di dunia ini. Sering kali, kerinduan untuk menjadi lebih berani ini dipicu karena postingan milik teman atau orang lain di media sosial.

Namun perlu diingat bahwa apa yang kita lihat di media sosial jauh berbeda dari kenyataan. Jangan biarkan kesan petualangan kalian dibentuk oleh apa yang orang lain lakukan dan ingin kalian rasakan. Petualangan bisa berada tepat di depan mata kalian tanpa disadari.

1. Kita mudah bosan

unsplash.com/@joshrh19

Berbaring sambil menonton dan hanya bersantai ketika kalian tidak memiliki hal lain untuk dilakukan telah menjadi rutinitas agaknya belakangan ini. Tetapi apa yang terjadi ketika tontonan yang kalian tonton tidak lagi membuat kalian tertarik? Selain mengeluh, apa lagi yang bisa dilakukan? Bagaimana kalian akan menemukan hal-hal yang lebih menarik untuk membuat diri sendiri sibuk ketika sumber-sumber hiburan eksternal seperti internet, vgame, dan TV telah mengambil alih kehidupan sehari-hari kalian?

Tanpa sadar, ada petualangan kecil yang bisa kalian lakukan walau berada dalam rumah. Contohnya saat kalian tengah membersihkan kamar, kalian bisa saja menemukan barang-barang yang selama ini kalian pikir telah hilang atau ketika kalian menemukan diary lama kalian saat kecil dulu. Hal itu akan memicu ingatan dan kenangan yang membawa kalian masuk ke dalam petualangan masa lalu.

2. Usia semakin bertambah

pixabay.com/Wolfman3000

Jangan menunggu sampai kalian mencapai usia pensiun atau kemampuan fisik kalian tidak lagi sanggup untuk bepergian. Meskipun beberapa akan berpendapat bahwa waktu terbaik untuk bepergian adalah ketika kalian sudah memiliki dana yang cukup banyak, hal itu memang tidak salah sebenarnya.

Jika kalian menunggu hingga usia 40-an atau 50-an untuk melakukan aktivitas, kalian harus menjadi seseorang yang sehat dan tidaklah mengkhawatirkan. Uang kalian tentu harus digunakan untuk hal lain, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja kan?

3. Sebagai hadiah untuk diri sendiri

unsplash.com/@j

Jatuh ke rutinitas bukan alasan bagi kalian untuk membiarkan hari-hari kalian tetap monoton dari awal hingga akhir. Bawa diri kalian keluar untuk menikmati makan malam di restoran bintang lima atau manjakan diri kalian di spa atau salon.

Sebagai hadiah kelulusan atau ulang tahun, sisihkan sejumlah uang untuk memanjakan diri kalian sendiri dengan kegiatan yang bisa kalian nikmati. Ingatkan diri kalian bahwa kalian juga pantas mendapatkan hadiah sesekali atas kerja keras kalian selama ini.

Baca Juga: 7 Kemampuan Mental yang Harus Kamu Miliki Supaya Bisa Hidup Bahagia

4. Perubahan suasana

pixabay.com/StockSnap

Berada dalam ruangan tidak selalu menjadi tempat yang teraman. Bagi sebagian orang, rumah adalah tempat yang sakral, tetapi jika kalian memenjarakan diri di dalam ruangan selama periode waktu yang lama, hal itu akan menjadi kebalikannya untuk kalian.

Jadilah sedikit berani dengan mencoba menghabiskan waktu di luar. Kaliam bisa pergi berkemah atau mampir di cafe maupun perpustakaan untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dimiliki dalam Hidup, Bikin Tenang dan Bahagia Terus

Verified Writer

YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya