TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegas

Apakah kamu masih sering gak enakan kepada orang lain?

unsplash.com/Jonas Kakaroto

Kebanyakan orang yang ada di dunia ini senantiasa bersikap gak enakan. Hal tersebut ditujukan agar tidak menyakiti hati orang lain. Namun sadar gak sih kalau hal itu malah membuat diri sendiri menjadi tersakiti? Terkadang kamu perlu bersikap tegas agar hal itu gak terjadi.

Ada beberapa alasan yang dapat membukakan matamu untuk berani bersikap tegas dalam menjalani hidup. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu tidak akan mudah dibohongi oleh orang lain

unsplash.com/Ashkan Forouzani

Jika berani bersikap tegas, percayalah bahwa kamu gak akan mudah dibohongi oleh orang lain. Orang lain pasti akan segan terhadapmu jika berani mengutarakan ketidak adilan yang kamu rasakan. Mereka pasti tidak akan pernah menyepelekanmu dalam kehidupan sosial. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah berlatih untuk bisa bersikap tegas.

Baca Juga: Ingat, 5 Situasi Ini Bisa Membongkar Karakter Orang yang Sebenarnya

2. Kamu bisa menciptakan kebahagiaan versimu sendiri

unsplash.com/Franciele Cunha

Tidakkah kamu berpikir bahwa setiap orang berhak menentukan kebahagiaan sesuai versinya sendiri? Hal itu membuatmu dituntut untuk bisa bersikap tegas agar kebahagiaanmu tidak melulu berdasarkan omongan orang lain.

Cobalah untuk menciptakan kebahagiaan versimu sendiri tanpa diselingi rasa gak enakan terhadap orang lain. Mulai sekarang cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri juga, ya!

3. Percayalah bahwa tidak semua orang yang ada di dunia ini bersikap baik

unsplash.com/Jonathan Cosens Photography

Pernahkah kamu mendengar istilah "homo homini lupus"? Hal tersebut memiliki artian bahwa manusia adalah serigala bagi manusia lainnya. Dengan adanya hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terkadang kamu perlu berhati-hati terhadap orang lain.

Tidak semua manusia yang ada di muka bumi ini bersikap baik. Agar kamu gak dirugikan oleh orang semacam itu, cobalah untuk berlatih bersikap tegas. Percaya deh kalau ketegasanmu itu pasti akan membuat orang lain sungkan terhadapmu.

4. Kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan gak enakan

unsplash.com/Maria Lysenko

Siapa nih di sini yang masih suka gak enakan terhadap orang lain? Sikap gak enakan itu tentunya suatu saat akan menjadi bumerang untukmu lho. Untuk membuang kebiasaan buruk itu, cobalah untuk lebih bersikap tegas terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Lagipula menjadi orang yang gak enakan akan banyak merugikan hidupmu lho. Kamu pasti akan mudah tertindas oleh orang lain sehingga tidak memiliki harga diri yang tinggi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya