TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Perlu Baper, Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Dikritik oleh Orang Lain

Dibawa enjoy aja, deh!

pexels.com/Anete Lusina

Ingatlah bahwa kamu gak bisa memaksa orang lain untuk menyukai semua hal tentangmu. Hal itu membuat kamu harus bisa bersiap-siap untuk tidak sakit hati jika ada orang yang tiba-tiba berkata buruk terhadapmu.

Percayalah bahwa pada kenyataannya banyak orang yang suka mengurusi hidup orang lain. Jika kamu dihadapkan pada situasi tersebut, coba deh untuk melakukan lima hal berikut ini agar tidak terbawa perasaan saat ada yang mengkritik.

1. Berterima kasihlah kepadanya karena telah memberi tahu kekuranganmu

pexels.com/Zen Chung

Hal pertama yang harus dilakukan ketika dikritik yaitu cobalah untuk berterima kasih kepadanya. Dengan kritikan tersebut, kamu pasti akan tahu aspek mana saja yang harus diperbaiki. Lagi pula setiap orang dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas diri bukan?

Meskipun perkataannya cukup nyelekit, cobalah untuk menerimanya demi kebaikan diri sendiri. Dengan melakukan hal itu, percayalah bahwa kamu akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Janganlah kamu malah membencinya!

pexels.com/Polina Zimmerman

Kritikan orang lain memang akan terdengar cukup menyakitkan sehingga akan memunculkan rasa sakit hati. Namun sebenarnya hal itu wajar-wajar aja kok karena kamu gak bisa memaksa orang lain untuk menyukai apa yang dilakukan olehmu.

Meskipun ada rasa sakit hati, janganlah kamu malah membenci sehingga malah menjauhinya. Percayalah bahwa hal itu gak akan ada gunanya. Kamu malah akan menjadi orang yang anti-kritik lho sehingga cukup berdampak buruk bagi keberlangsungan hidup.

Baca Juga: 5 Kritik Membangun yang Berguna untuk Diungkapkan

3. Jika merasa terganggu, cobalah untuk bersikap bodo amat

pexels.com/andrea piacquadio

Jika kamu merasa sangat terganggu terkait kritikan tersebut, gak ada salahnya jika memilih jalan untuk bersikap bodo amat. Ingatlah bahwa sejatinya kamu harus bisa mem-filter perkataan orang lain yang malah membuat mentalmu jadi down.

Cobalah untuk bersikap bodo amat dengan tetap fokus terhadap apa yang kamu tuju. Selagi kelakuanmu itu gak melanggar norma, kamu bebas memilih jalan hidup sendiri tanpa mendengarkan kritikan dari orang lain.

4. Lakukan introspeksi diri setelah adanya hal itu

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Sehabis dikritik oleh orang lain, cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Ingatlah bahwa sejatinya manusia itu gak ada yang sempurna. Begitu pula dirimu, kamu juga memiliki kekurangan yang harus dikelola agar tidak malah merugikan nantinya.

Jangan keburu baper jika ada orang yang mengkritik terkait kekuranganmu. Lakukanlah introspeksi diri secepat mungkin agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya