Comscore Tracker

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk Diungkapkan

Pilah-pilah ya!
Sebagai makhluk sosial, setiap manusia harusnya bisa memberikan arahan kepada orang lain mengenai beberapa hal yang menurutnya ada kekurangan. Setiap pendapat itu dikemas dengan sedemikian rupa agar bermanfaat bagi orang lain.
 
Mungkin kita berpikir bahwa kritik adalah satu-satunya cara menyampaikan pendapat dan masukan yang paling tepat. Tetapi bukan itu saja lho! Ada lima hal lain yang bahkan lebih baik daripada sekadar kritik tanpa masukan positif. Penasaran? Berikut jawabannya!

1. Saran

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk DiungkapkanUnsplash.com/AlexisBrown

Kritik dan saran adalah dua hal berbeda yang selalu berdampingan. Di saat kritik adalah menyampaikan pendapat lewat kalimat yang pedas, saran hadir dengan hal yang berlawanan. Saran, lebih ke arah memberi masukan atau pendapat lewat cara yang lebih halus. Dan hal ini lebih baik dan efektif diterima orang lain, ketimbang dengan cara mengkritik. Karena tidak semua orang, tahan terhadap kritik!

2. Dukungan

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk DiungkapkanUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Dukungan itu bisa dalam bentuk apa saja. Bisa berbentuk dorongan semangat, atau material yang diberikan. Terserah apa yang ingin kita berikan kepada orang lain. Namun yang terpenting dalam memberi dukungan kita juga harus memerhatikan porsi. Maksudnya jangan berlebihan dan jangan pula sampai kurang. Karena itu hanya akan membuat orang tak yakin bahwa kamu mendukungnya.

Baca Juga: 5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!

3.Arahan

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk DiungkapkanUnsplash.com/CampaignCreators

Seorang manusia hampir tidak mungkin dapat melakukan sebuah hal sempurna tanpa mengetahui proses dan seluk beluk di balik hal tersebut. Sebagai makhluk sosial, semestinya kita yang paham pada hal tersebut membantu mereka yang membutuhkan. Seperti dengan mengarahkan mereka pada hal yang baik. Agar mereka terhindar dari masalah yang mungkin sudah kamu prediksi sebelumnya.

4. Motivasi

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk DiungkapkanUnsplash.com/DiggityMarketing

Apa yang membuat kamu semangat menjalani hidup sampai kini? Entah itu karena keluarga, teman, atau semacamnya. Poin-poin tersebut adalah beberapa motivasi yang menjadikan kita semakin bersemangat. Dalam berusaha pun begitu, dibutuhkan motivasi agar kita mampu tetap berdiri. Sekaligus berjuang mendapatkan apa yang kita mau, tanpa terpikir untuk menyerah sekalipun.

5. Ilmu

5 Kritik Membangun yang Berguna untuk DiungkapkanUnsplash.com/HelenaLopes
Uang? Mobil? Rumah? Bukan harta yang mungkin bisa kamu berikan. Tetapi kamu juga kamu harus tahu bahwa tak selamanya harta itu dibutuhkan orang lain. Ilmu adalah hal terpenting yang bukan hanya kita, tapi semua orang butuhkan. Dengan harta kita bisa memiliki apa saja. Tapi dengan ilmu, kita bisa mengendalikan apa saja, bahkan sebuah negara atau sistem sekalipun.
 
Kalau hanya sekadar mengkritik tanpa memberikan masukan perbaikan, sama aja dengan mencela tanpa tahu apa yang harus dilakukan setelahnya. Kamu bisa memberikan satu di antara lima hal di atas untuk menyampaikan kritik namun yang membangun.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Semua Kritikan Orang Perlu Kamu Tanggapi dengan Serius

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya