TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat yang Didapat jika Kamu Selalu Berpikir Realistis

Jangan terlalu mengedepankan idealisme ya!

pexels.com/startup stock photos

Setiap orang pasti ingin hidupnya bisa berjalan sesuai keinginan hati. Namun untuk mewujudkan hal tersebut terkadang sangat susah dilakukan karena banyak rintangan. Rintangan yang dimaksud terkadang muncul dari dalam diri sendiri yaitu contohnya selalu bersikap tidak realistis.

Kamu wajib meninggalkan kebiasaan itu karena ada banyak hal burik yang akan didapatkan olehmu. Lagipula ada beberapa manfaat yang akan didapat jika kamu senantiasa bersikap realistis dalam menjalani hidup. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Semua keinginan pasti akan mudah terwujud

pexels.com/juan mendez

Jika kamu selalu berpikir secara realistis, percayalah bahwa semua keinginan pasti akan terwujud. Hal itu karena kamu sudah mengerti dan bisa mengesampingkan keinginan yang dapat dikatakan tidak masuk akal.

Dengan adanya hal itu, kamu pasti akan lebih fokus untuk pencapaian keinginan yang bisa dilihat oleh mata. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa berpikir realistis demi kebahagiaan diri sendiri.

Baca Juga: Ambil Waktu Refleksi Diri, Inilah 6 Manfaat Penting ‘Me Time’ 

2. Tidak ada beban yang terlalu dipikirkan

pexels.com/andrea furtado

Jika berpikir realistis, percayalah bahwa beban hidupmu pasti tidak akan berat. Beban berat biasanya muncul jika kamu terlalu memikirkan sesuatu yang sangat ingin digapai namun terlalu mustahil untuk diraih.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa berpikir realistis. Lagipula hal tersebut juga akan membuatmu menjadi seseorang yang lebih rasional. Hal itu akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidupmu.

3. Menghindari kekecewaan yang menyakiti hati

pexels.com/andrea piacquadio

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki mimpi di dalam hidupnya. Namun jika mimpi itu tidak tercapai, pasti akan ada sebuah kekecewaan yang mendalam. Oleh karena itu jika berpikir realistis, semua kekecewaan pasti akan terminimalisir.

Meskipun cukup berat untuk membuang mimpi yang sebenarnya sangat kamu idamkan, namun kamu wajib melakukannya demi kedamaian hati. Lebih baik bahagia secara sederhana daripada menahan rasa sakit demi kebahagiaan tak pasti.

4. Kamu akan lebih bijak dalam mengambil keputusan

pexels.com/andrea piacquadio

Dalam hidupnya, setiap orang pasti akan dihadapkan pada sebuah keputusan yang cukup mempengaruhi diri sendiri. Hal tersebut dibutuhkan sebuah kebijaksanaan agar tidak salah pilih. Semua hal positif itu dapat didapatkan jika kamu berpikir realistis.

Kamu pasti senantiasa memikirkan semua hal yang akan terjadi umpama mengambil sebuah keputusan. Tidak akan ada kata 'salah pilih' yang akan muncul karena kamu sudah tahu apa saja risikonya. 

Baca Juga: Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah Menangis

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya