Comscore Tracker

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah Menangis

Menangis itu manusiawi, lho!

Masalah yang di hadapi dalam hidup adalah pertanda bahwa kita mengalami siklus kehidupan. Dalam hidup tidak selalu apa yang diharapkan, sesuai dengan yang terjadi.

Menurut buku berjudul Manajemen Menangis yang ditulis Dr. Beni Kurniawan, semakin dewasa seorang manusia, maka semakin jarang ia menangis. Padahal Menangis adalah salah satu media yang bisa di gunakan untuk membuat keadaan lebih baik.

Namun seringkali seseorang merasa malu untuk menangis, karena takut dianggap cengeng. Jika kamu berpikiran seperti itu, maka simaklah 5 alasan kenapa mudah menangis itu tidak masalah.

1. Menangis bisa membuat kita lebih sehat secara mental

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah MenangisUnsplash.com/benwhitephotography

Masalah besar yang dialami dalam hidup, seringkali membuat kita merasa bahwa hidup ini tidak adil. Menangis menjadi salah satu cara, untuk meluapkannya. Dilansir dari Cosmopolitan, penelitian yang dilakukan University Of South Florida, menyatakan bahwa dengan menangis seseorang bisa meningkatkan mood-nya.

Menangis bisa membuat seseorang lebih sehat secara mental, karena bisa membuat emosi lebih stabil. Saat menangis berarti seseorang melepaskan segala kecemasan dalam dirinya. Dengan mental yang lebih sehat, maka seseorang bisa berpikir lebih terbuka dan dari sudut pandang positif.

2. Menangis bisa mencegah diri dari frustasi

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah MenangisUnsplash.com/judebeck

Dilansir dari Aging Care, Dr. William H. Frey II mengungkapkan bahwa menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan dan frustasi, tapi juga respon yang sehat. Frustasi berasal dari banyaknya hal yang dipikirkan oleh otak, dan merenggut kebahagiaan sedikit demi sedikit.

Saat semuanya sudah semakin membesar, maka hadirlah rasa frustasi dan rasa bahwa hidup itu sangat menyakitkan. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi frustasi adalah dengan menangis.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Perlu Menangis

3. Menangis membuat hati menjadi teduh

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah MenangisUnsplash.com/anthonytran

Saat hati dan otak tidak sejalan, maka akan terjadi kecemasan dan kegelisahan dalam diri kita. Jika itu terjadi maka seseorang tidak akan bisa merasakan kebahagiaan. Saat seseorang merasa terpuruk dan berada di titik terendah, maka menangislah. Hal itu bisa membuat keadaan jadi lebih baik.

4. Menangis bisa membuat kita berdamai dengan keadaan

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah MenangisUnsplash.com/paolitta

Saat masalah demi masalah menerpa seseorang, maka cara terbaik untuk di lakukan adalah  berdamai dengan keadaan. Menangis adalah cara terbaik untuk berdamai dengan keadaan.

Berdamai dengan keadaan berarti mencoba menyelaraskan pemikiran dari otak dan hati untuk bersama-sama bangkit. Dengan menangis, maka air mata akan menjadi media untuk tempat segala kecemasan dan kegelisahan dalam hati yang keluar dengan sendirinya.

5. Menangis bisa membuat tubuh mengeluarkan segala energi negatif

Jangan Dipendam, Ini 5 Manfaat Jika Kita Mudah MenangisUnsplash.com/cristian_newman

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Seorang Pria Menangis, Bukan Cengeng!

Saat seseorang tertimpa masalah, akan energi negatif yang terserap ke dalam tubuh. Saat itu terjadi, seseorang akan murung dan merasa dunia tidak adil.

Dilansir dari Cosmopolitan, menurut riset yang dilakukan St. Paul Ramsey Medical Center, menangis bisa membuat tubuh seseorang mengeluarkan toksin yang bernama enkephalin, yang berfungsi meminimalkan rasa sakit.

Itulah lima manfaat jika kita menjadi sedikit cengeng itu tidak masalah. Mulai sekarang, jangan pernah merasa malu untuk menangis.

Ulul Fikri Hasibuan Photo Verified Writer Ulul Fikri Hasibuan

Anything Is Possible If You Believe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya