TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Dasar Memelihara Ikan Hias untuk Para Pemula, Pasti Bisa!

Asalkan tetap bertanggung jawab dalam merawat ikan, ya

thesprucepets.com

Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan di rumah. Meskipun tak seperti hewan-hewan lain yang bisa diajak main, namun ikan hias bisa memberikan keindahan tersendiri apabila disimpan di rumah.

Namun, tentu saja memelihara ikan hias tak semudah seperti yang dibayangkan khususnya bagi para pemula. Apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, catat.

1. Memilih ikan yang lebih familiar

fishkeepingworld.com

Untuk pemula sebaiknya tak perlu terlalu pemilih dalam memelihara ikan. Jangan ragu untuk mulai merawat ikan hias yang umum seperti ikan mas koki, ikan cupang, dan jenis lainnya.

Pilihlah ikan yang tak memiliki masalah pada perubahan jenis air, serta tetap perhatikan kualitas ikan pada saat membeli. Jangan sampai kamu tertipu dengan harganya yang miring.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!

2. Ketahui kebutuhan dasar ikan yang akan dipelihara

fishkeepingadvice.com

Pada dasarnya setiap jenis ikan memiliki perbedaan terhadap kebutuhan dasarnya. Hal ini termasuk ke dalam suhu airnya, makanannya, bahkan hingga seberapa sering akuariumnya perlu dibersihkan. Pahami kebutuhan-kebutuhan ikan hiasmu terlebih dahulu sebelum membelinya.

3. Membeli akuarium yang baik

Youtube/Hayes Garden World

Sama halnya dengan membeli ikan hias, pemilihan akuarium juga menjadi fokus selanjutnya yang perlu kamu perhatikan. Pastikan untuk membeli peralatan akuarium yang baik dan dapat mendukung sistem pengairan untuk tempat tinggal ikan nantinya. Kamu juga bisa menghiasnya sesuai selera.

4. Memberi makan yang baik

thesprucepets.com

Salah satu kunci dari kesehatan ikan adalah pakan yang baik. Kamu sebaiknya memilih jenis pakan alami yang baik dikonsumsi oleh ikan. Pahami durasi pemberian makan untuk setiap jenis ikannya agar tak salah.

Baca Juga: 7 Cara Memelihara Hamster untuk Pemula, Gampang kok!

Verified Writer

Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya