TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Sederhana yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Melewati Masa-Masa Sulit

Ingatlah bahwa badai pasti berlalu!

Pexels.com/Alex Green

Hidup sejatinya adalah perjalanan panjang yang kadang menemui jalan tanjakan dan lembah yang curam. Kamu sebagai manusia tidak bisa memilih jalan mana yang ingin kamu lalui sepanjang hidupmu. Saat masa sulit itu datang, kamu tidak bisa lari ataupun membalikkan badan.

Sejatinya, masa sulit mengajarkanmu untuk menjadi lebih baik jika kamu sanggup melewatinya. Agar kamu tetap kuat dalam menghadapi lika-liku hidup yang sulit diterka, berikut adalah lima hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melewati masa-masa sulit. Baca terus sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Kenyamanan Hidup yang Gak Dimiliki Semua Orang, Banyaklah Bersyukur!

1. Senantiasa tanamkan rasa syukur dalam hatimu

Pexels.com/Mikhail Nilov

Sejatinya rasa syukur itu adalah bentuk penghargaan dari hal-hal baik yang kita terima. Namun, banyak orang yang kemudian beranggapan bahwa rasa syukur hanya layak diucap ketika tengah berbahagia saja. Padahal, jika kamu bisa melihat lebih dekat, Tuhan selalu memberikan kita nikmat setiap harinya.

Nikmat itu tidak selalu berupa materi, kesuksesan, keberhasilan, dan hal-hal besar yang bisa kamu pamerkan. Dari masa-masa sulit saja kamu sebenarnya masih punya banyak hal yang disyukuri seperti fisik yang sehat, keluarga yang selalu ada, ataupun sahabat yang selalu mendengarkanmu berbagi cerita.

2. Fokus pada apa yang bisa kamu kontrol dan ubah

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Saat sedang berada di masa sulit, kita sering terbawa suasana dan justru fokus pada hal negatif semata. Padahal, hal negatif hanya akan membuatmu stagnan dan membuatmu meratapi nasib semata. Hal itulah yang kemudian membuat pikiran semakin kusut dan beban pikiran bertambah berat. 

Alih-alih mengikuti energi negatif, kamu hanya perlu fokus pada apa yang bisa kamu ubah dan kontrol. Hal semacam itulah yang sesungguhnya mampu menciptakan perubahan dan mempercepatmu keluar dari masa sulit.

3. Ingat bahwa kamu telah berjalan sejauh ini

unsplash.com/Artem Maltsev

Saat kamu merasa putus asa dan tidak mampu melewati masa sulit yang tengah menimpamu, kamu sejatinya hanya perlu menilik ke belakang dan melihat sejauh apa perjalananmu. Perjalanan yang telah kamu lewati sebelumnya tentu juga tidak mudah.

Kamu sudah berhasil melewati banyak hal untuk akhirnya ada di masa sekarang. Jika kamu memilih menyerah, ingatlah bahwa segala kesulitan pasti disertai kemudahan seperti harimu yang sudah-sudah.

4. Jangan terlalu keras dan tetaplah baik pada diri sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu tidak perlu memaksakan diri, bahkan mengasihani dirimu saat tengah berada di masa sulit. Kamu hanya perlu melakukan hal menyenangkan bagi dirimu, entah itu membaca buku, jalan-jalan, mendengarkan musik, atau bertukar pikiran dengan sahabat.

Hal menyenangkan itulah yang membuatmu memiliki energi ekstra dan sanggup melewati banyak hal yang terjadi pada hidupmu. Meskipun ada di masa sulit, bukan berarti kamu berhenti memperlakukan dirimu dengan baik, kan?

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Telah Memaafkan Dirimu di Masa Lalu, Sadar Gak?

Verified Writer

Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya