TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Menjadi Penghalang Mencapai Mimpi dan Cita-cita

Apa-apa yang membuat kita menyerah sebelum tercapai

pexels.com/Kaboompics

Seseorang dapat hidup lebih lama dengan berharap pada mimpi dan cita-citanya. Namun demikian, bukan berarti mudah untuk dicapai. Beberapa di antara penghalang tersebut mungkin pernah kita alami.

Berikut ini beberapa penghalang yang dihadapi dalam mencapai mimpi sebagaimana dinyatakan dalam buku Finish What You Start; The Art of Following Through, Taking Action, Executing & Self Discipline yang ditulis oleh Peter Hollins.

1. Membuat sasaran/tujuan yang buruk

pexels.com/rawpixel.com

Memulai sesuatu merupakan proses yang dianggap tidak nampak atau dianggap ada dan sering kali dianggap remeh, sekaligus hal yang paling sulit dilalui. Memulai sesuatu yang tidak diketahui dan belum pernah dijalani diawali dengan research dan design.

Prosesnya dapat terus berulang-ulang dikarenakan salah atau buruknya sasaran/tujuan yang akan kita capai. Ini mungkin saja terjadi ketika sasaran dan tujuan yang kita tetapkan terlalu abstrak, terlalu tidak mungkin untuk dilakukan dan dijalani, terlalu tinggi dan tidak realistis.

Karena itulah kita mengalami kesulitan saat memulai rencana untuk mencapai sasaran dan merasa bersalah karena tidak melakukannya.

2. Menunda-nunda

pexels.com/Acharaporn

Nampaknya banyak yang bertalenta menunda apa yang telah direncanakan untuk dikerjakan, baik karena hal-hal yang tidak terduga maupun karena hal-hal yang telah terencana. 

Selain itu, kita pun dapat saja terjebak menunda-nunda suatu hal dalam perencanaan yang tanpa ada akhirnya. Hal itu terjadi ketika kita telah membuat rencana, kita malah berlanjut dengan membuat rencana-rencana yang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Pikiran Agar Tidak Menjadi Penghalang Kesuksesan

3. Tergoda oleh godaan

pexels.com/Pixabay

Selain menetapkan sasaran/tujuan yang buruk, menunda-nunda melakukan yang telah direncanakan, kita pun dapat tergoda oleh hal lain yang menunda kita dari tujuan yang telah direncanakan.

Godaan itu dapat berupa hal-hal tak terduga yang telah lama kita inginkan, kesenangan semata dan bersifat sementara. Tak lain hanya mengalihkan fokus kita dari tujuan yang telah direncanakan dalam mencapai mimpi.

4. Terganggu oleh distraksi

pexels.com/Juan Pablo

Selain godaan kita pun akan dihadapkan dengan beberapa gangguan yang menyelingi kita saat mengerjakan dan menjalani apa yang telah direncanakan. Gangguan ini pun bersifat selingan saja, namun dapat berpotensi mengganggu dan menghalangi fokus kita dalam mencapai mimpi dan cita-cita.

Godaan dan selingan distraksi ini dapat menjadi penghalang karena kita tidak tahu bagaimana menanganinya. Menurut Peter Hollins, cara yang dapat digunakan dalam menepis godaan dan selingan distraksi ialah dengan menghindari hal-hal yang kerap mengalihkan fokus dan menikmatinya hanya sebagai selingan yang mengistirahatkan untuk kembali ke produktivitas yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Menghalangi Kesuksesanmu, Jangan Lakukan Lagi

Verified Writer

Yulia Erni

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya