Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusan

 Biar gak kesannya meremehkan?

Memberi bantuan terhadap orang lain merupakan tindakan yang sudah sepantasnya kita lakukan. Namun, gak semua orang benar-benar melakukannya dengan serius dan sepenuh hati.

Padahal, hal ini punya peranan yang sangat penting, karena di bawah ini sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa membantu orang lain dengan sepenuh hati. Biar tahu lebih jelasnya, yuk simak ulasannya sampai habis.

1. Bantuan kecil darimu bisa sangat berharga bagi orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusanilustrasi wanita membagi tempat meneduh (unsplash.com/J W)

Menghadapi suatu masalah memang tidak mengenal yang namanya besar kecilnya suatu kesulitan, masalah tetaplah sebuah permasalahan yang gak semua orang ingin alami.

Makanya, kamu harus membantu menyelesaikan permasalahan orang lain dengan penuh keseriusan. Nyatanya, bantuan kecil darimu bisa sangat berharga, bahkan perannya bisa sangat dibutuhkan.

2. Kamu harus membantu dengan serius jika ingin diperlakukan hal yang sama

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusanilustrasi pria menggendong kucing (unsplash.com/Zac Durant)

Mendapati kesulitan karena permasalahan memang bisa membuat kita merasa frustrasi. Namun, bantuan dari orang lain bisa menjadi penyelamat di kala terpuruk, apalagi bantuan tersebut benar-benar dilakukan secara serius.

Dasarnya, jika kamu ingin mendapati bantuan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya bantuan, kamu harus melakukan hal yang sama. Jika ada orang yang membutuhkan pertolongan, bantulah dia dengan serius tanpa menyepelekannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Suka Membantu Orang Lain bagi Kesehatan, Berbuat Baik yuk!

3. Tidak membuat bantuanmu kesannya sia-sia

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusanilustrasi wanita memberi bantuan (unsplash.com/Jon Tyson)

Bantuan sekecil apa pun darimu memang bisa sangat berharga. Namun, hal ini hanya akan terjadi di saat kamu melakukannya dengan serius, tidak main-main di atas penderitaan orang lain.

Jika kamu melakukan hal ini, bantuanmu kesannya akan sia-sia. Padahal, mendapat bantuan di dalam suatu permasalahan punya peranan yang begitu penting, bahkan bisa sangat krusial.

4. Menjadi orang yang lebih berguna bagi orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusanilustrasi orang saling meraih tangan (unsplash.com/Toa Heftiba)

Dasarnya, sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bisa berguan bagi banyak orang. Memberi bantuan secara serius bisa menjadikan bantuanmu sangat berharga bagi mereka.

Pada akhirnya, kita gak boleh menganggap remeh atas bantuan yang ingin kita lakukan. Kamu harus melakukannya dengan serius, lakukanlah dengan sebaik-baiknya bantuan yang bisa kamu berikan.

5. Tidak menyepelekan sesuatu yang tidak pantas untuk disepelekan

5 Alasan Kamu Harus Bisa Membantu Orang Lain dengan Penuh Keseriusanilustrasi pria membantu temannya (pexels.com/Allan Mas)

Dasarnya, kita sering kali memandang permasalahan orang lain terlalu sepele karena dianggap tidak terlalu besar atau bahkan kecil. Padahal, masalah apa pun itu gak boleh disepelekan karena bisa berdampak besar.

Nyatanya, kamu gak boleh menyelekan sesuatu yang tidak sepantasnya untuk disepelekan. Permasalahan orang lain bisa menyangkut kehidupannya di masa sekarang dan ke depannya, kamu harus memberinya bantuan sebaik mungkin.

Setiap orang memang bisa mengikutsertakan dirinya dalam membantu atau menolong orang lain. Namun, jangan terlalu menyelekannya begitu saja, kamu harus melakukannya dengan serius jika benar-benar ada niatan untuk membantu.

Baca Juga: Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantu

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya