Comscore Tracker

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantu

Bantuannya memiliki syarat dan ketentuan   

Saling membantu dengan orang sekitar itu hal wajar yang dilakukan semua orang, terlebih bagi kita yang merupakan makhluk sosial dan hidup berdampingan dengan satu sama lain. Ketika orang mengalami kesulitan kamu pun membantunya, begitu pula jika terjadi hal yang sama padamu.

Hal yang paling menyakitkan dari hal ini ialah ketika kamu tulus membantu orang lain namun tidak dengan mereka. Entah itu terlihat dari bantuannya yang terkesan setengah hati atau juga dari mereka yang bermuka dua, di depanmu terlihat tulus namun di belakang ia menganggapmu merepotkan.

Ada lebih banyak lagi ciri yang ditunjukkan oleh orang yang tidak tulus membantu, yang mana lima di antaranya ada dalam pembahasan berikut ini.

1. Menuntut balasan setimpal atas bantuan yang pernah ia berikan

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantuilustrasi argumen (pexels.com/Budgeron Bach)

Meskipun sebenarnya wajar saja jika meminta balasan, namun orang yang benar-benar tulus biasanya tidak terpikirkan tentang hal itu. Bahkan tidak berharap bahwa kebaikan dan bantuannya akan dibalas orang lain.

Jika ada orang di sekitarmu yang seperti ini maka lebih baik jangan sering-sering meminta bantuan darinya, supaya kamu tidak dianggap utang budi padanya.

2. Mengungkit-ungkitnya setiap kali bertemu

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantuilustrasi bicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Terlepas dari besar atau kecilnya bantuan yang ia berikan, dia selalu membicarakan hal itu kembali setiap kalian bertemu agar kamu tidak melupakan kebaikannya. Tindakan seperti ini sebenarnya bikin illfeel dan membuat orang jadi hilang respect.

Bukan berarti mau melupakan bantuannya, akan tetapi tidak perlu diingatkan dan diungkit-ungkit seperti itu.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Pasti Didapatkan jika Kamu Rajin Memberi Bantuan

3. Membanggakan bantuannya padamu di depan semua orang

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantuilustrasi berkumpul (pexels.com/Fauxels)

Misalnya, kamu sedang berkumpul dengan teman-teman lama dan termasuk dirinya juga. Lalu tiba-tiba ketika kalian sedang asyik mengobrol dia dengan sengaja mengangkat topik tentang dirinya yang pernah membantumu.

Entah maksudnya pamer atau apa, namun tindakan seperti ini sama saja dengan sengaja mempermalukanmu. Namun di sisi lain dia pun jadi kehilangan respect dari orang-orang dan dianggap pencitraan.

4. Membantu tapi dengan syarat dan perjanjian tertentu

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantuilustrasi bersalaman (pexels.com/MART PRODUCTION)

Entah itu dalam bentuk balasan setimpal jika suatu saat ia membutuhkanmu, atau kamu yang harus melakukan sesuatu demi dirinya. Dan kalau seperti ini sebenarnya dibanding disebut sebagai bantuan lebih mirip sebagai kesepakatan dan hubungan kerja sama.

Sebab ada yang ia inginkan sebagai imbalan bantuannya dan semua itu tergantung apakah kamu setuju dengannya atau tidak.

5. Bermuka dua, di depanmu dia kelihatan tulus tapi di depan orang lain dia justru menceritakan keberatannya

Suka Mengungkit-ungkit, Ini 5 Ciri Orang yang Tidak Tulus Membantuilustrasi berbisik (pexels.com/Keira Burton)

Ciri yang sering banget terlihat dari orang yang tidak tulus ialah pribadinya yang bermuka dua, yang mana di depanmu dia terlihat sangat tulus dan berniat baik untuk membantumu namun di depan orang lain dia mengeluh dan menganggapmu merepotkan.

Intinya, dia sebenarnya keberatan untuk membantumu namun di sisi lain dia segan jika menolak dan berpura-pura baik. Hal ini seringkali terjadi dalam kehidupan sosial, baik itu dengan tetangga, rekan kerja, keluarga, atau bahkan teman lama.

Mengetahui ada orang yang tidak tulus membantu karena melihat lima ciri tadi sangatlah menyakitkan. Karena sebenarnya gak perlu memaksakan diri membantu kalau memang tidak bisa, daripada tidak tulus yang baru kita ketahui di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-terangan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya