Comscore Tracker

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa Pun

Kayak ada yang kurang, lho!

Sebagai manusia biasa, kita akan sangat kesulitan jika menjalani segala hal hanya seorang diri. Meski saat ini hidupmu sedang baik-baik saja, suatu saat nanti kamu akan sadar betapa pentingnya peran orang lain.

Hal ini bukan hanya sebatas bualan semata, karena sedikitnya ada lima alasan betapa sulitnya menjalani hidup tanpa dukungan dari siapa pun. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Dukungan dari orang lain kadang kala memberikan motivasi yang begitu besar

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa PunPexels.com/Alex Green

Pada dasarnya, masih banyak orang yang menyepelekan akan pentingnya motivasi dalam hidup. Padahal, sesulit apa pun kehidupan, motivasi bisa menjadi pendorong kamu untuk tetap maju dan bertahan.

Namun, kadang kala motivasi timbul akibat banyaknya dukungan dari orang lain. Artinya, tanpa adanya dukungan dari orang lain, kamu akan sangat kesulitan menjalani kehidupan yang keras ini.

2. Tanpa adanya dukungan membuat kamu tidak percaya diri dalam melakukan segala hal

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa PunPexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Secara garis besar, dukungan orang lain tidak hanya sebatas sorakan dari kejauhan, tapi juga membuat kamu lebih percaya diri dalam melakukan segala hal.

Pada akhirnya, tanpa adanya dukungan yang berarti, kamu akan mulai kehilangan kepercayaan diri. Jika tidak ada orang yang bisa mempercayaimu, bagaimana mungkin kamu bisa percaya terhadap diri sendiri.

3. Tidak adanya dukungan sama dengan hidup yang berdasar hanya pada pola pikir diri sendiri

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa PunPexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Pada dasarnya, orang yang mendukung kamu memiliki pola pikir yang sama dan satu frekuensi. Mereka berani mendukung karena apa yang kamu pikirkan juga berada di pikiran mereka seutuhnya.

Makanya, fatal sekali jika hidupmu tidak memiliki dukungan dari siapa pun. Tidak adanya dukungan sama dengan hidup yang berdasar hanya pada pola pikir diri sendiri.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup Drama True Beauty, Hidup Gak Melulu Soal Penampilan

4. Tidak berani untuk melangkah karena kamu berjalan hanya seorang diri

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa PunPexels.com/Umberto Shaw

Pada umumnya, keberanian datang di saat mereka mau melangkah bersama di sampingmu. Kehidupan yang keras ini akan terasa mudah jika kamu mendapat dukungan dari orang lain.

Beda halnya dengan tidak mendapat dukungan dari siapa pun, tidak akan ada keberanian untuk melangkah karena kamu hanya berjalan seorang diri dan tidak ada yang mencoba menemanimu pada saat itu juga.

5. Tidak ada orang yang mengharuskan kamu untuk berhasil dalam menjalani hidup

5 Alasan Betapa Sulitnya Menjalani Hidup tanpa Dukungan dari Siapa PunPexels.com/Keegan Houser

Secara garis besar, pergerakan tidak akan berjalan dengan lancar jika hanya dilakukan seorang diri. Dukungan dari orang lain sangat dibutuhkan dalam hal ini, tujuan hidup lebih tergambarkan dengan jelas dan juga pasti.

Makanya, menjalani hidup tanpa dukungan dari orang lain akan terasa sangat menyulitkan. Tidak ada orang yang mengharuskan kamu untuk selalu berhasil, dan tidak ada pula orang yang mengkhawatirkanmu mendapati kegagalan.

Itu dia deretan alasan betapa sulitnya menjalani hidup tanpa dukungan dari siapa pun. Meski dukungan hanya sebagai power  tambahan dari luar, jangan remehkan dampak atau pengaruhnya bagi hidup kehidupan kamu kedepannya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Gak Menyenangkan, tapi Bagus Buat Pelajaran Hidup Lho

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya