Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung Jawab

Sudah menjadi suatu keharusan?

Setiap orang pastinya harus bisa menjadi orang yang bertanggung jawab dan menerima segala konsekuensinya. Namun, tidak sedikit dari mereka yang merasa tanggung jawab merupakan beban berat yang harus mereka pikul. 

Meski itu sebuah kenyataan, jangan terlalu merasakannya sebagai beban di hati, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh merasa terbebani akan keberadaan tanggung jawab dalam hidup. Seperti apa?

1. Tanggung jawab tidak akan menjadi beban selama kamu bisa menerimanya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung JawabUnsplash.com/Dollar Gill

Merasa jadi orang yang bertanggung jawab memang bukan sesuatu yang bisa dianggap mudah, namun kamu harus bisa menerimanya agar tidak menjadi beban yang begitu berat. 

Dalam hal ini, keberadaan beban akan tanggung jawab bisa membuat kamu melakukannya secara tidak ikhlas. Artinya, bertanggung jawab tidak boleh dijadikan sebagai beban hidup, harus dijalani dengan penuh keikhlasan. 

2. Sudah menjadi kewajiban kamu dalam merealisasikan tanggung jawab itu sendiri

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung JawabUnsplash.com/Shamim Nakhaei

Kita semua tahu bahwa bertanggung jawab tidak hanya baik untuk diri sendiri, tapi juga bagi orang lain. Dalam hal ini, sudah menjadi kewajiban kamu dalam merealisasikan tanggung jawab itu sendiri. 

Makanya, menjadikan tanggung jawab sebagai beban bukan perkara yang baik dilakukan. Tanggung jawab sudah menjadi suatu keharusan, dan itu tidak bisa diganggu gugat. 

Baca Juga: 5 Bentuk Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri yang Sering Diabaikan

3. Merasa terbebani bisa membuat kamu lari dari tanggung jawab

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung JawabUnsplash.com/Thái An

Menjadi orang yang bertanggung jawab memang tidak bisa terjadi secara instan, kamu harus mulai belajar dan membiasakan diri agar tidak melarikan diri dari segala bentuk tanggung jawab. 

Pada akhirnya, kamu gak boleh menjadikan tanggung jawab sebagai bentuk beban hidup. Kamu bisa melarikan diri kapan saja, dan itu tidak baik bagi kualitas hidupmu. 

4. Bertanggung jawab bisa menjadi cara kamu menerima konsekuensi atas segala tindakan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung JawabUnsplash.com/Josue Michel

Setiap tindakan akan selalu menemukan konsekuensinya, kita tidak bisa membantah itu. Namun, banyak orang yang tidak mau menerima segala konsekuensi atas tindakan yang telah kamu lakukan. 

Makanya, menjadikan tanggung jawab sebagai beban bukan cerminan dari kamu menerima segala konsekuensi. Semuanya harus diterima dengan lapang dada, toh juga itu berasal dari kesalahan atas tindakan kamu. 

5. Percayalah bahwa hidup tanpa tanggung jawab hanya akan memperburuk hidupmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbebani akan Adanya Tanggung JawabUnsplash.com/Ruben.

Setiap orang pastinya menganggap tanggung jawab sebagai sesuatu yang besar perannya dalam hidup. Dalam hal ini, kamu gak boleh menganggap remeh tanggung jawabmu selama ini, apalagi menganggapnya sebagai beban. 

Nyatanya, hidup tanpa adanya tanggung jawab hanya akan memperburuk hidupmu. Tanggung jawab itu perlu, bukan sebatas opsi sampingan karena tidak adanya pilihan lain. 

 

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh merasa terbebani akan keberadaan tanggung jawab. Hidup memang punya banyak risiko, dan tanggung jawab menjadi bagian dari cara kamu memperbaiki keadaan. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Partner Kerja yang Suka Mengabaikan Tanggung Jawab

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya