Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang Menyakitkan

#IDNTimesLife Harus tetap dijalani meski sulit, lho!

Pada dasarnya, dunia percintaan yang buruk tidak hanya berdampak pada diri kamu di masa sekarang, tapi juga masa depan. Ketika itu semua sudah menjadi masa lalu, bukan tidak mungkin jika kamu sudah kapok untuk memulai hubungan kembali.

Namun, meski kenyataannya begitu pahit, sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh menutup hati akibat dari masa lalu yang begitu menyakitkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Beri kesempatan kedua untuk orang yang benar-benar mau serius terhadapmu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang MenyakitkanPixabay.com/StockSnap

Pada hakikatnya, setiap orang punya alasannya masing-masing ketika mencoba mendekatimu dengan mengatasnamakan cinta. Meski kamu mendapat masa lalu yang begitu buruk, bukan berarti menutup hati menjadi pilihan yang terbaik.

Nyatanya, kamu harus mulai memberi kesempatan kedua untuk orang yang benar-benar serius terhadapmu. Meski kemungkinan untuk disakiti kembali selalu ada, merasa takut hanya akan menghambat kamu untuk memulainya kembali dari awal.

2. Gak semua orang bertindak dan berperilaku sama seperti yang terjadi di masa lalu

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang MenyakitkanPixabay.com/StockSnap

Pada dasarnya, masa lalu yang buruk selalu menimbulkan trauma dan menganggap semua orang sama perilakunya. Hanya saja, fakta berkata lain, gak semua orang bertindak dan berperilaku sama seperti yang terjadi di masa lalu.

Pada akhirnya, menutup hati untuk orang lain bukanlah tindakan yang tepat. Setiap orang punya pendiriannya masing-masing, ada yang menganggap percintaan sebagai main-main, ada juga yang sangat serius dan mencintaimu sepenuh hati.

3. Positive thinking menjadi cara terbaik untuk membuat hubungan percintaanmu lebih maju dan berkembang

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang MenyakitkanPixabay.com/StockSnap

Secara garis besar, tidak ada yang lebih baik dari positive thinking sebagai pengusir masa lalu buruk. Meski kamu mengalami kegagalan percintaan di masa lalu, berpikiran positif menjadi solusi yang patut kamu coba.

Nyatanya, positive thinking menjadi cara terbaik untuk membuat hubungan percintaanmu lebih maju dan berkembang. Menutup hati hanya akan menghambat segalanya, bahkan kamu akan terjebak di dalam masa lalu itu sendiri.

Baca Juga: 7 Penyebab yang Membuat Anak Cenderung Menutup Diri dari Orangtua

4. Masa lalu hanya sebatas pengalaman buruk yang akan menjadi pembelajaran hidup

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang MenyakitkanPixabay.com/StockSnap

Pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki masa lalunya masing-masing tanpa terkecuali. Bahkan, meski itu adalah masa lalu yang paling buruk dalam percintaan, bukan berarti kamu bisa menutup hati begitu saja.

Nyatanya, masa lalu hanya sebatas pengalaman buruk yang akan menjadi pembelajaran hidupmu kedepannya. Walau sulit untuk dipelajari, membuka hati akan memudahkan kamu memahami apa yang sebenarnya telah terjadi di masa lalu.

5. Menutup hati sama dengan gak berani ambil risiko dan menyerah sebelum memulai

5 Alasan Kamu Gak Boleh Menutup Hati akibat Masa Lalu yang MenyakitkanPixabay.com/sasint

Pada hakikatnya, memutuskan untuk jatuh cinta sama dengan mengambil risiko dari banyaknya kesulitan yang akan kamu hadapi nanti. Dalam hal ini, masa lalu yang buruk dalam percintaan bukanlah suatu hambatan untuk membuat kamu menutup hati bagi orang lain.

Nyatanya, menutup hati sama dengan tidak berani ambil risiko dan menyerah sebelum menyerah. Pada akhirnya, hal ini hanya akan berbanding terbalik dengan risiko yang telah kamu ambil sebelumnya dalam memulai percintaan.

Itu dia deretan alasan kamu gak boleh menutup hati akibat dari masa lalu yang menyakitkan. Meski itu adalah trauma masa lalu yang sulit dikendalikan, cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu untuk segera mengakhiri ketakutan demi ketakutanmu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Memperparah Sikapmu untuk Terus Menutup Hati Usai Putus

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya