Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-terangan

Gengsi yang terlampau tinggi? #IDNTimesLife

Setiap orang pastinya sadar bahwa kehidupan ini harus bisa menerapkan sistem saling tolong-menolong antarsesama. Namun, gak semua orang bisa dengan mudah meminta bantuan secara terang-terangan, bahkan kamu sendiri sebatas memberi kode keras.

Tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Ada sebab di balik itu semua. Nyatanya, di bawah ini sedikitnya ada lima alasan kamu gak pernah mau meminta bantuan secara terang-terangan. Biar tahu lebih lengkapnya, yuk, baca ulasannya sampai selesai.

1. Kamu punya harga diri yang kelewat tinggi 

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-teranganilustrasi pria dan perempuan duduk bersama (pexels.com/Mikhail Nilov)

Bicara soal harga diri, setiap orang pastinya sangat menjaga harga dirinya agar tidak direndahkan orang lain. Bahkan, ketika hidupmu sedang berada dalam kesulitan sekalipun, orang yang punya harga diri kelewat tinggi tidak akan bertindak gegabah.

Bahkan, sebatas untuk meminta bantuan orang lain pun kamu tidak akan memintanya secara terang-terangan. Tentu itu demi menjaga harga dirimu.

2. Kamu punya pengalaman buruk ketika meminta bantuan secara terang-terangan 

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-teranganilustrasi pria dan perempuan memegang buku (pexels.com/Eren Li)

Kita tidak bisa membantah bahwa orang yang sedang membutuhkan bantuan kerap kali dianggap tidak berdaya, bahkan kesannya bisa diperlakukan seenaknya karena merasa punya derajat lebih tinggi.

Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang cenderung menolak untuk meminta bantuan orang lain, apalagi pada orang yang tidak terlalu dekat. Kamu pun punya pengalaman buruk ketika meminta bantuan secara terang-terangan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diterapkan agar Bebas dari Drama Hidup

3. Kamu merasa gengsi seakan menjadi orang yang paling tidak berdaya 

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-teranganilustrasi perempuan berpelukan (pexels.com/SHVETS production)

Dasarnya, kita semua punya kecenderungan untuk memiliki kesetaraan dengan orang lain dan punya gengsi yang tinggi karena tidak mau dipermalukan. Bahkan, hal ini sampai merambat ketika kamu berada dalam situasi sulit.

Kamu gak akan meminta bantuan secara terang-terangan karena punya gengsi yang cukup tinggi. Kamu gak ingin dianggap menjadi orang yang tidak berdaya dan ingin punya kedudukan yang sama dengan orang lain.

4. Kamu tipikal orang yang sangat pemalu ketika harus berbicara tentang hal pribadi 

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-teranganilustrasi pria dan perempuan membaca buku (pexels.com/Gustavo Fring)

Setiap orang memang punya tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda, salah satunya dalam meminta bantuan. Dasarnya, orang yang punya kepercayaan diri rendah cenderung tidak meminta bantuan secara frontal.

Tidak ada yang namanya meminta bantuan secara terang-terangan. Kamu terlalu malu jika harus berbicara tentang hal pribadi kepada orang lain. Alhasil, kamu kesulitan mengungkapkan apa yang sebenarnya sedang terjadi di dalam hidupmu.

5. Kamu bukan orang yang mudah memberi bantuan pada orang lain 

5 Alasan Kamu Gak Pernah Mau Meminta Bantuan secara Terang-teranganilustrasi pria dan perempuan duduk bersama (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Meminta bantuan dan memberi bantuan merupakan dua hal yang saling terhubung. Jika sering membantu orang lain, kamu gak akan sungkan untuk meminta bantuan yang sama atau bahkan lebih.

Namun, jika bukan orang yang mudah memberi bantuan pada orang lain, kamu sendiri akan sungkan untuk meminta bantuan. Alhasil, cara kamu meminta bantuan tidak akan dilakukan secara terang-terangan karena merasa sadar diri.

Di saat dirimu berada dalam situasi sulit, mencari bantuan kadang menjadi solusi terbaik. Hanya saja, bukan berarti bisa dengan mudah meminta bantuan secara terang-terangan. Alasannya seperti kelima poin di atas.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Merasa Malas dan Gak Termotivasi dalam Menjalani Hidup

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya