Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha Mengaturmu

Jangan mau dikendalikan!

Dalam menjalani hidup, kita sering kali mendapati orang lain yang berusaha mengatur hidupmu dengan beragam alasan di dalamnya, entah itu untuk kebaikan diri sendiri maupun orang sekitar.

Meski terdengar menjanjikan, bukan berarti kamu bisa percaya dengan bualan yang mereka berikan, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa mengabaikan orang yang berusaha mengaturmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Hidupmu harus berdasarkan pada kemauan dan kenyamanan diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha MengaturmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, setiap orang punya hak tersendiri atas kehidupan yang dijalaninya, berhak mendapatkan kehidupan berdasarkan kemauan dan kenyamanan diri sendiri.

Jangan mau diatur oleh orang lain dengan dalih demi kebaikan. Selama kamu tidak mendapatkan kenyamanan di dalamnya, aturan orang lain harus ditolak mentah-mentah demi kebaikan diri kamu sendiri.

2. Mencegah hidup kamu diatur dan dikendalikan sesuka hati oleh orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha MengaturmuPexels.com/cottonbro

Ketika orang lain berusaha mengaturmu, bukan berarti selalu ada kepedulian dan simpati atas apa yang kamu lakukan. Mereka melakukan hal ini bukan tidak mungkin jika ada maksud lain di dalamnya.

Menolak diatur jauh lebih baik dibanding harus menurutinya dengan penuh risiko, tindakan ini sebagai bentuk pencegahan kamu diatur sesuka hati oleh orang lain atau aturan yang dibuat melebihi batas wajar yang ada.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Gak Memikirkan Omongan Orang

3. Menjadi diri sendiri sepenuhnya sebelum terjebak dalam aturan orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha MengaturmuPexels.com/cottonbro

Pada dasarnya, manusia hidup harus menjadi diri sendiri secara sepenuhnya, tidak ada paksaan dari orang lain yang membuat hidup seakan-akan berada dalam kepalsuan.

Makanya, paling tidak kamu harus bisa mengabaikan orang yang berusaha mengaturmu, jangan sampai semuanya terlambat dan terjebak di dalam aturan orang lain selama-lamanya.

4. Hidup yang diatur orang lain belum tentu yang terbaik untuk diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha MengaturmuPexels.com/cottonbro

Secara garis besar, setiap orang akan selalu mencari yang terbaik dari yang baik. Diatur orang lain mungkin bisa membuat hidup mendapatkan yang terbaik, namun kesempatannya sangatlah sedikit.

Hidup yang diatur orang lain tidak menjamin kamu mendapatkan kehidupan yang lebih baik, bahkan risikonya terlalu tinggi dibanding mengandalkan diri sendiri untuk mendapatkan segala yang kamu inginkan.

5. Tidak membuat jati diri kamu diambil dan kehilangan banyak hal dalam hidup

5 Alasan Kamu Harus Bisa Mengabaikan Orang yang Berusaha MengaturmuPexels.com/cottonbro

Setiap orang pastinya memiliki jati dirinya masing-masing, apa yang tertanam dalam diri kamu baik dari sikap, sifat, dan perilaku sudah menjadi bagian dari hidup seutuhnya.

Hal ini menegaskan bahwa mengabaikan orang yang berusaha mengaturmu sama saja seperti mempertahankan jati diri, aturan yang dibuat orang lain bisa membuat kamu keluar dari konteks kebiasaan dan kehilangan jati diri yang sebenarnya.

Itu dia deretan alasan kamu harus bisa mengabaikan orang yang berusaha mengaturmu. Meski terdengar menjanjikan, bukan berarti kehidupan kamu akan selalu terjamin kebahagiaannya.

Baca Juga: 5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Gak Memikirkan Omongan Orang

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya