Comscore Tracker

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolong

Jadikan bagian dari kebiasaan baikmu

Di saat dirimu sedang berada dalam kesulitan, orang terdekat atau orang yang ada di sekitarmu bisa saja memberikan sebuah bantuan yang sangat berharga. Namun, kadang kala kita lupa untuk mengucapkan kata terima kasih setelah tertolong.

Padahal, hal tersebut bukan hanya sebatas ucapan terima kasih semata, perannya bisa sangat penting karena di bawah ini sedikitnya ada lima alasan kamu gak boleh melupakan terima kasih saat tertolong. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading.

1. Sekadar memberi apresiasi karena telah memberikan pertolongan

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolongilustrasi perempuan mengobati kaki cedera (pexels.com/Vidal Balielo Jr.)

Dasarnya, gak semua orang mau menolong orang di sekitarnya yang sedang membutuhkan bantuan, ada juga yang merasa acuh atas kesulitan orang lain. Karena hal ini, orang yang mau memberikan bantuan patut untuk diapresiasi.

Apresiasi terkecil yang bisa kita lakukan adalah dengan sekadar memberi ucapan terima kasih dengan setulus hati. Jangan abai akan hal ini, apresiasi tersebut bisa sangat berguna lebih dari apa yang kamu bayangkan.

2. Sebuah etika yang gak boleh kamu lupakan dalam hidup

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolongilustrasi pria melakukan penyelamatan (pexels.com/Guy Kawasaki)

Ucapan terima kasih setelah dibantu orang lain bukan hanya sebatas ucapan semata, tapi itu sudah menjadi etika atau kewajiban kamu ketika ada orang yang mau menanggapi dan beraksi atas segala kesulitanmu.

Ucapan terima kasih bisa dikatakan sebagai sebuah etika yang gak boleh kamu lupakan dalam hidup. Bagaimanapun bentuk pertolongannya dan sekecil apa pun itu, ucapan terima kasih gak boleh sampai terlewatkan.

Baca Juga: 5 Kekuatan dari Ucapan Terima Kasih yang Sering Dianggap Sepele

3. Menghargai waktu yang telah orang lain sempatkan untuk menolongmu

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolongilustrasi laki-laki dan perempuan saling menggenggam tangan (pexels.com/Andres Ayrton)

Kita semua sadar bahwa waktu merupakan hal yang sangat berharga dalam hidup. Namun, tetap saja ada orang yang mau meluangkan waktunya demi membantu atau memberikan pertolongan terhadapmu.

Makanya, sudah sepantasnya bagi kamu untuk sekadar mengucapkan kata terima kasih. Waktu orang lain telah terbuang demi dirimu, itu bukanlah hal sepele yang pantas untuk kamu sepelekan.

4. Tidak membuat orang yang menolongmu merasa kesal sendiri

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolongilustrasi laki-laki dan perempuan saling bekerja sama (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Memberi bantuan terhadap orang lain memang gak perlu mengharapkan imbalan apa pun, bahkan sekecil apa pun itu. Namun, setiap orang pastinya ingin dihargai atas segala bantuannya, paling tidak sebatas ucapan terima kasih.

Jangan biarkan orang yang menolongmu kesal sendiri hanya karena lupa untuk berterima kasih. Kita hanya perlu untuk menghargainya sebagai sesama manusia, ucapan terima kasih bisa lebih dari cukup.

5. Mengisyaratkan bahwa kamu sangat terbantu atas pertolongannya

5 Alasan Gak Boleh Lupakan Kata Terima Kasih saat Tertolongilustrasi perempuan memberikan bantuan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Segala bentuk bantuan orang lain dasarnya memang berharga, bahkan sekecil apa pun itu. Namun, kita tetap harus menunjukkan bahwa hal tersebut sangatlah berguna dan bermanfaat untuk diri kamu sendiri.

Salah satunya dengan mengucapkan kata terima kasih. Kamu memberi isyarat bahwa bantuannya sangat membantu dirimu untuk bisa terlepas dari segala macam kesulitan yang ada.

Kata terima kasih memang hanya sebatas ucapan yang kesannya tidak memberi dampak yang begitu besar. Namun, perhatikan kelima poin di atas, kata terima kasih bisa benar-benar berguna dari apa yang kamu kira.

Baca Juga: 6 Cara Ungkapkan Terima Kasih kepada Orangtua, Gak Harus Dikatakan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya