Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang Lain

Jatuhnya bukan kamu banget!

Pada dasarnya, gak semua orang bisa mengandalkan dirinya sendiri ketika menjalani kerasnya hidup. Meski sudah berjuang sekuat tenaga, pada akhirnya kita harus meminta bantuan atau bahkan bergantung pada orang lain.

Meski tergolong wajar, bukan berarti semua orang mau melakukannya, karena sedikitnya ada lima alasan kamu gak suka jika harus selalu bergantung pada orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak ingin menyusahkan atau merepotkan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang LainPexels.com/Matthias Zomer

Bergantung pada seseorang sama saja seperti meminta bantuan yang sifatnya ketergantungan, apa yang kamu butuhkan bisa dengan mudah tersedia karena ada dorongan dari orang lain.

Namun, ketergantungan ini tidak menutup kemungkinan bisa menyusahkan atau bahkan merepotkan orang lain. Meski dapat mempermudah hidup sekalipun, bergantung terus terusan rasanya kurang mengenakan.

2. Lebih suka melakukan banyak hal dengan kekuatan dan tenaga sendiri

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang LainPexels.com/Chevanon Photograp

Sebagian besar orang ingin menjalani hidup dengan kekuatan dan tenaganya sendiri, bahkan tidak ingin bergantung pada orang lain yang sifatnya ketergantungan.

Makanya, kamu sama sekali gak suka jika harus bergantung dan terus bergantung pada orang terdekatmu, apalagi sampai tidak menggunakan sedikit pun kemampuan dan tenaga sendiri.

Baca Juga: Selalu Mengandalkan Orang Lain, Kenali Gangguan Kepribadian Dependen

3. Takut kemampuan diri sendiri tidak keluar secara maksimal karena terlalu bergantung pada orang lain

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Bergantung pada orang lain sama saja seperti mengandalkan apa yang menjadi kemampuannya, kamu sangat percaya bahwa apa yang dimilikinya bisa membuat hidupmu jauh lebih baik.

Namun, hal ini juga menimbulkan ketakutan tersendiri, kamu takut bahwasanya kemampuan diri sendiri tidak keluar secara maksimal karena terlalu sering bergantung pada orang lain.

4. Tidak ingin kemampuan diri sendiri diremehkan orang lain

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang LainPexels.com/Canva Studio

Tidak sedikit orang yang menganggap bawah bergantung pada orang lain sama saja seperti memandang rendah kemampuan diri sendiri, makanya mengandalkan orang lain menjadi cara terbaik untuk tetap bertahan dari kerasnya hidup.

Meski bergantung pada orang lain sangat mempermudah hidup, pada dasarnya kamu tidak ingin kemampuan diri sendiri diremehkan orang lain, apalagi sampai dipandang rendah karena hal sepele semacam ini.

5. Bergantung pada orang lain sama seperti memanjakan diri sendiri terlalu berlebihan

5 Alasan Kamu Gak Suka jika Harus Selalu Bergantung pada Orang LainPexels.com/olia danilevich

Pada umumnya, manusia harus bisa mengandalkan dirinya sendiri dalam berbagai situasi sulit. Hal ini sudah sewajarnya terjadi, jangan sampai bergantung pada orang lain terlalu berlebihan.

Bergantung pada orang lain sama saja seperti memanjakan diri sendiri terlalu berlebihan, kamu tidak ingin hal itu selamanya terjadi di dalam hidupmu. Meski sulit, melakukan yang terbaik tetap harus menjadi opsi utama kamu.

Meski hidupmu menjadi lebih mudah, bukan berarti bergantung pada orang lain tidak dapat merugikan diri sendiri. Yuk, jadi lebih mandiri dan mengandalkan diri sendiri ketimbang orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Gak Selalu Bergantung pada Orang Lain, Mandiri Yuk!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya