Comscore Tracker

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Teman

Jaga sikap dan perilakumu mulai dari sekarang! 

Kita semua sadar bahwa pertemanan merupakan suatu kedekatan yang sangat berharga dan juga bermakna dalam hidup. Namun, sebagian besar orang merusaknya dengan cara menjatuhkan harga dirinya secara sadar maupun tidak. 

Makanya, kita harus hati-hati dalam bersikap di depan teman, bahkan jangan lakukan lima hal ini jika tidak ingin menjatuhkan harga diri teman sendiri. Biar tahu lebih lengkapnya, baca sampai habis, yuk. 

1. Membicarakan keburukannya di depan orang banyak

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Temanilustrasi teman mengejek (pexels.com/Matheus Ferrero)

Kedekatan dalam sebuah pertemanan memang tidak bisa kita ragukan lagi, bahkan membicarakan keburukan teman seperti sebuah kebiasaan yang rasanya kurang jika tidak dilakukan saking dekatnya. 

Namun, membicarakan teman di depan orang banyak bukan opsi yang baik. Nyatanya, harga diri temanmu bisa turun, apa yang kamu lakukan sudah berlebihan dan melebihi batas privasi. 

2. Bercanda secara berlebihan tanpa ada persetujuan dari pihak yang bersangkutan

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Temanilustrasi teman nongkrong (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Pertemanan sering kali kental dengan yang namanya candaan, tujuannya untuk membuat ruang lingkup pertemanan semakin berwarna dan tidak datar-datar saja. 

Namun, kamu juga harus tahu batasan, jangan sampai harga diri temanmu jatuh hanya karena candaan yang berlebihan. Pahami situasi dan kondisi yang ada, jangan pernah sembarangan membuat sesuatu yang sifatnya sensitif. 

Baca Juga: 5 Tips buat Kamu yang Gampang Tersinggung oleh Teman Sendiri

3. Selalu membuat dia terlihat buruk hanya karena sebuah persaingan

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Temanilustrasi pertemanan buruk (pexels.com/Min An)

Pertemanan bukan hanya sebatas berteman dan hidup layaknya tanpa ada permasalahan, nyatanya banyak hal yang menjadi sebuah persaingan di ruang lingkup pertemanan tersebut. 

Pada akhirnya, kita sering kali membuat dia merasa lebih buruk hanya karena sebuah persaingan. Alhasil, harga dirinya jadi turun, dan kamu menjadi penyebab di balik itu semua.

4. Selalu pilih kasih yang seakan temanmu tidak pantas untuk bergaul

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Temanilustrasi dua orang sahabat (pexels.com/mentatdgt)

Kita tidak bisa memukul rata bahwasanya pertemanan itu selalu sama rata, bahkan beberapa orang yang dianggap teman sering kali dikucilkan dengan atau tanpa alasan yang jelas. 

Tentu itu ia sangat menghancurkan harga dirinya, seakan dirinya tidak pantas bergaul dengan siapa pun. Bersikaplah sama rata pada semua temanmu, jangan hanya teman-teman terpilih saja. 

5. Membiarkan temanmu dalam situasi yang membuatnya terlihat bodoh

5 Hal yang Jangan Dilakukan agar Tak Jatuhkan Harga Diri Temanilustrasi sebuah kebersamaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita sering kali melihat tingkah laku teman yang sudah di luar batasan wajar. Entah apa itu alasannya, tingkahnya menjadi sangat memalukan dan terlihat bodoh jika dilihat dari sudut pandang orang lain. 

Sebagai temannya, jangan membiarkan harga dirinya jatuh. Kamu harus menegur atau memberi sedikit gambaran bahwasanya tindakannya itu bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan. 

 

Cobalah untuk menjaga harga diri teman seperti menjaga harga diri kamu sendiri. Jangan biarkan temanmu merasa tidak punya harga diri lagi, bertemanlah sebaik yang kamu bisa. 

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Jadi Teman yang Kehadirannya Selalu Dirindukan, Mau?

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya