Comscore Tracker

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!

Memang apa bedanya?

Secara garis besar, berhemat sering dianggap sebagai pemicu kamu untuk menjadi pribadi yang sangat pelit. Meski secara logika sangat masuk akal, bukan berarti itu kebenaran yang sesungguhnya.

Berhemat juga bisa saling berbagi, bahkan sedikitnya ada lima hal yang menandakan kamu sudah berhemat tapi gak pelit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Membeli segala kebutuhan diri sendiri sebutuhnya dan secukupnya

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!Pexels.com/Ksenia Chernaya

Pada dasarnya, setiap individu memiliki setidaknya satu kebutuhan wajib untuk dirinya sendiri. Meski begitu, banyak orang yang mengira bahwasanya berhemat akan menjadikan kamu pribadi yang pelit untuk diri sendiri.

Namun, lain cerita jika kamu bisa mengatur kebutuhan sebutuhnya dan secukupnya. Meski kamu berhemat, tapi tidak ada kata pelit selama kebutuhan diri sendiri dibeli sesuai dengan porsinya.

2. Berbagi dengan orang yang membutuhkan hasil dari pengurangan jatah harianmu

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!Pexels.com/Kamaji Ogino

Pada umumnya, orang yang berhemat akan membagi penghasilannya untuk jatah diri sendiri dan juga tabungan pribadi. Meski terdengar menyesakkan, bukan berarti bisa disimpulkan sebagai seseorang yang sangat pelit.

Selama kamu bisa berbagi hasil dari pengurangan jatah harianmu, itu tidak bisa dikatakan sebagai tindakan yang pelit. Meski berbagai, kamu tetap bisa berhemat dengan teknik pembagian yang tertata dengan baik.

3. Membagikan barang tak terpakai yang ada di segala sudut rumahmu

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Pada dasarnya, pelit merupakan sifat seseorang yang tidak pernah mau berbagi. Sedangkan berhemat, meminimalisir pengeluaran sebaik mungkin tanpa menguras banyak harta untuk hal yang tidak penting.

Jika kamu membagi barang tak terpakai yang ada di setiap sudut rumahmu, kamu bisa tetap berhemat dan juga tidak pelit. Paling tidak, kamu membagikan sesuatu yang tidak terpakai lagi untuk sesuatu yang lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Baca Juga: 5 Tanda Utama bahwa Cowokmu Itu Pelit, Beda dengan Irit!

4. Berbagi sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Secara garis besar, pemborosan merupakan tindakan yang dilakukan tanpa pikir panjang akibat dari tidak terkontrolnya pengeluaran dalam satu waktu. Artinya, sedikit berbagi dengan konsistensi yang tinggi tidak bisa dikatakan sebagai pemborosan.

Dalam hal ini, orang yang berbagi sedikit demi sedikit bisa dikatakan sebagai pribadi yang hemat tapi gak pelit. Meski nilainya tidak besar, paling tidak mau berbagi sekalipun dilakukan dengan cara yang bertahap.

5. Berbagi tanpa menggunakan media uang

5 Hal yang Menandakan Kamu sudah Berhemat tapi Gak Pelit, Penting Lho!Pexels.com/Andrew Neel

Pada dasarnya, berhemat dan juga pelit sebenarnya dua hal yang cukup bersebrangan. Namun, hal tersebut bisa masuk akal jika cara berbagi yang kamu lakukan tanpa menggunakan media uang.

Cara kamu berbagi bisa dilakukan melalui media lain sebagi bentuk penghematan, baik itu melalui tenaga, ilmu yang bermanfaat, dan juga hal berguna lainnya.

Itu dia deretan perihal yang menandakan kamu sudah berhemat tapi gak pelit. Meski terdengar mustahil, bukan berarti tidak ada cara untuk menerapkan kedua hal baik tersebut secara bersamaan.

Baca Juga: Prediksi Zodiak 15 Oktober 2020, Gemini Jangan Pelit-pelit Ya

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya