Comscore Tracker

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritas

Lebih penting dari diri sendiri? 

Setiap orang pastinya pantas mendapatkan kebahagiaan demi kebahagiaan yang menyelimuti dirinya. Hanya saja, gak semua orang benar-benar menjadikan kebahagiaan diri sendiri sebagai prioritas yang diutamakan. 

Kenyataannya, hal ini tidak terjadi begitu saja tanpa sebab yang jelas. Faktanya, sedikitnya ada lima alasan kamu lebih memilih menjadikan kebahagiaan orang lain sebagai prinsip utama dalam hidupmu. Biar gak salah persepsi, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Kamu ikut merasa bahagia ketika melihat orang lain juga bahagia

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritasilustrasi kebahagiaan bersama (pexels.com/Jill Wellington)

Sejatinya, manusia adalah makhluk sosial yang sangat peduli terhadap sesama. Bahkan, sebatas kebahagiaan orang lain pun ikut campur tanpa mementingkan kepentingan diri sendiri. 

Banyak orang yang merasa jika kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaan dirinya sendiri. Ada kesan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, namun bisa dirasakan melalui hati. 

2. Kebahagiaan mencegah orang untuk bertindak di luar yang seharusnya

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritasilustrasi orang bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pastinya ingin menjalani hidup dengan tenteram dan damai, tidak ada orang di sekitarmu yang bertindak buruk apalagi kriminal hanya karena merasa tidak bahagia. 

Nyatanya, hal inilah yang membuatmu menjadikan kebahagiaan orang lain sebagai prinsip utama. Paling tidak, adanya kebahagiaan bisa mencegah orang untuk bertindak gegabah dan di luar batasan yang ada. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Wajib Menjaga Level Kebahagiaan Orang Lain

3. Dia adalah orang terpilih yang memang kamu cintai sepanjang masa

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritasilustrasi orang berpacaran (pexels.com/Budgeron Bach)

Mau membahagiakan orang lain selain diri sendiri nyatanya tidak sesederhana yang kamu bayangkan. Tentu, ada orang yang mau membahagiakan orang secara merata, ada juga orang terpilih yang berada di sekitarnya. 

Hal ini menegaskan bahwa membahagiakan orang lain memang ada maksud dan tujuan yang jelas, khususnya diperuntukkan untuk orang tercinta yang kamu kasihi sepanjang masa. 

4. Mengesampingkan ego demi kepentingan bersama khususnya dalam ruang lingkupmu

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritasilustrasi orang berempati (pexels.com/Liza Summer)

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pastinya memiliki egonya masing-masing. Namun, tidak sedikit orang yang mengesampingkan egonya demi kepentingan lainnya, termasuk dalam konteks kebahagiaan. 

Jika kamu berani menjadikan kebahagiaan orang lain sebagai prinsip utama, artinya kamu berani mengesampingkan ego demi kepentingan bersama yang khususnya dalam ruang lingkupmu.

5. Berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu peduli

5 Alasan Menjadikan Kebahagiaan Orang Lain sebagai Prioritasilustrasi kepedulian (pexels.com/Pixabay)

Tidak ada orang yang tidak memiliki empati, kita semua percaya itu. Namun, kadar empati tiap orang berbeda-beda, dan itu menjamah pada konteks kebahagiaan setiap orang. 

Ada sebagian orang yang memang sangat memerhatikan kebahagiaan orang lain, bahkan melebihi dirinya sendiri. Itu terjadi sebagai bentuk kepedulian, juga berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Kebahagiaan orang lain memang sangat penting di mata beberapa orang, bahkan melebihi dirinya sendiri. Namun, jangan pernah lupakan diri sendiri, hidupmu juga butuh kebahagiaan yang benar-benar nyata. 

Baca Juga: 8 Dampak Negatif Kalau Kamu Sering Gak Rela Sama Kebahagiaan Orang

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya