Comscore Tracker

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat Hidupmu

Hati-hati jangan terlena, lho!

Dalam hidup, ada masa di mana kita memiliki banyak sekali waktu luang yang harus dimanfaatkan. Meski hanya sebatas waktu luang biasa, bukan berarti boleh digunakan untuk hal yang kurang penting.

Memang banyak jenis kegiatan yang cocok untuk digunakan untuk mengisi waktu luangmu, namun sedikitnya ada lima kegiatan di waktu luang yang sebenarnya gak baik buat hidupmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Membicarakan atau menggosipkan orang lain

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat HidupmuPexels.com/Elle Hughes

Pada dasarnya, waktu luang memang bagus digunakan untuk berkumpul dengan teman dekat atau orang sekitar. Namun, jangan gunakan waktu tersebut untuk membicarakan atau menggosipkan orang lain.

Nyatanya, hal ini gak baik buat hidupmu ke depannya. Membicarakan orang lain merupakan kegiatan yang kurang penting, bahkan tidak ada manfaatnya dan berakhir merugikan.

2. Bermain game tanpa henti

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat HidupmuPexels.com/Lucie Liz

Di era digital masa kini, video game bisa dibilang lebih dari sekedar pengisi waktu luang biasa. Meski punya nilai positif lebih, bukan berarti bermain game boleh dilakukan dalam rentang waktu yang tidak terkontrol.

Bermain game tanpa henti itu gak baik, kamu menggunakan waktu luang untuk sesuatu yang merugikan diri sendiri. Sesuatu yang berlebihan itu gak baik, sekalipun fungsi dari video game itu sendiri sebagai mood booster bagi sebagian besar orang.

Baca Juga: Kurangi Keluar Rumah, 5 Cara Mengisi Kegabutan di Masa Pandemik

3. Menonton TV seharian

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat HidupmuPexels.com/Amateur Hub

Secara garis besar, tidak ada salahnya jika kamu ingin menghabiskan waktu luang untuk sekedar mencari hiburan, salah satunya melalui media televisi. Meski hiburan itu perlu, bukan berarti kamu bisa menonton TV seharian penuh.

Nyatanya, kamu bisa dinilai sebagai pemalas yang menghabiskan waktu luang secara percuma. Hidup memang butuh hiburan, namun kamu gak harus semerta-merta mendedikasikan hidupmu untuk menonton TV terus menerus.

4. Belanja tanpa peduli isi dompet

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat HidupmuPexels.com/Erik Mclean

Bagi sebagian orang, berbelanja merupakan bagian dari pengisi waktu luang yang sangat menyenangkan. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa belanja tanpa peduli isi dompet atau menghamburkan banyak uang tanpa ada management sama sekali.

Nyatanya, berbelanja harus tahu aturan dan kontrol dengan sebaik-baiknya. Belanja memang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu, namun bukan berarti boleh berlebihan hanya karena mengisi waktu luang.

5. Membuka situs terlarang

5 Kegiatan di Waktu Luang yang Sebenarnya Gak Baik buat HidupmuPexels.com/Ron Lach

Pada umumnya, berbagai macam situs terlarang sudah tidak bisa diakses oleh sebagian besar orang. Hanya saja, banyak orang yang mencari cara dan mulai menjelajah situs terlarang sebagai pengisi waktu luang.

Sayangnya, hal ini sangat gak baik untuk hidupmu ke depannya. Membuka situs larang bisa membuat kamu ketagihan. Meski awalnya coba-coba, lama kelamaan akan mulai terbiasa.

 

Itu dia deretan kegiatan di waktu luang yang sebenarnya gak baik buat hidupmu. Kita harus sadar bahwa waktu yang kita habiskan selama ini sangatlah berharga, jangan gunakan banyak waktu luang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat atau berkonotasi negatif.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya