Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan Temannya

Benarkah karena gengsi?

Dalam pertemanan, membantu satu sama lain merupakan tindakan yang wajar. Sudah sewajarnya jika teman yang satu membantu teman yang lainnya ketika berada dalam kondisi yang menyulitkan. Namun tak jarang jika mereka menolak mentah-mentah bantuan tersebut baik secara halus maupun tidak.

Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Pada umumnya, sedikitnya ada lima alasan mengapa banyak orang yang sering menolak bantuan teman dekatnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Masih percaya diri untuk bisa menyelesaikan semua secara mandiri

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan TemannyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang berpikir bahwa seseorang berhak mendapat bantuan ketika sudah tidak berdaya atau memang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk berjuang sendiri. namun, jika masih ada kepercayaan diri untuk menyelesaikan semuanya, bantuan dari teman mungkin ditolak tanpa perpikir panjang.

Tidak semua orang menyerah pada dirinya sendiri ketika dalam situasi dan kondisi yang menyulitkan. Selama masih ada rasa percaya diri, sesulit apapun masalah, itu semua bisa diatasi dengan mudah tanpa harus bergantung pada orang lain.

2. Terlalu gengsi karena merasa dikasihani oleh orang lain

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan TemannyaPexels.com/Jonathan Borba

Pada dasarnya, kita tidak selamanya bisa menerima dengan lapang niat baik orang lain. Pikiran kita selalu ke arah yang begitu negatif, bantuan dari orang lain atau bahkan teman terdekat seakan-akan mencoreng harga diri kita karena tidak bisa melakukan segalanya secara sendiri.

Niat orang lain memanglah baik, bahkan mungkin tidak ada maksud lain sama sekali. Namun rasa gengsi terus menerus muncul dan enggan untuk menerima segala jenis bantuan, sekalipun dirinya sedang berada dalam masa yang paling sulit.

3. Belajar mengenal diri sendiri ketika menghadapi problematika hidup

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan TemannyaPexels.com/Min An

Secara logika, bantuan orang lain akan mempermudah kita dalam menyelesaikan problematika hidup. Namun hal tersebut membuat kita tidak pernah berada di titik yang paling rendah, tidak ada kesempatan untuk mengenal diri sendiri kita berada dalam kondisi terpuruk.

Ketika kita merasa lemah, sifat asli diri sendiri akan muncul, mulai dari tingkat kesabaran, cara berpikir ketika berada di bawah tekanan, hingga bagaimana kita menyelesaikan semua problem secara mandiri. Hal ini berguna untuk mempermudah kita dalam introspeksi diri, bagian mana yang harus diperbaiki untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Sulit Menolak Keinginan Orang, 5 Tanda Kamu Menderita Hyper-empathy

4. Tidak mau menyusahkan orang terdekat hanya karena masalah kecil

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan TemannyaPexels.com/Pixabay

Tidak enak hati sering menjadi hambatan dalam menerima bantuan dari orang lain, apalagi bantuan dari teman terdekat yang memang benar-benar kita hormati dan tidak mau ada yang merasa kesusahan atau bahkan tertekan.

Kita tidak pernah tahu, bantuan tersebut diberikan secara ikhlas atau memang sebagai formalitas belaka. Makanya banyak orang yang sering menolak bantuan, tujuannya agar tidak ada yang memaksakan diri dalam membantu temannya sendiri.

5. Tidak mau ada hutang budi dalam jenis dan bentuk apapun

5 Alasan Mengapa Banyak Orang yang Sering Menolak Bantuan TemannyaPexels.com/Startup Stock Photos

Ketika kita mendapatkan bantuan dari orang lain maupun teman terdekat, ada rasa hutang budi yang teramat dalam karena mereka telah rela membantu semaksimal mungkin. Sayangnya, tidak semua orang ingin ada hutang budi yang teramat besar sekalipun itu pada temannya sendiri.

Takutnya kita dimanfaatkan sesuka hati di kemudian hari karena ada hutang budi yang harus dibayar. Mau tidak mau, kita akan menuruti semua perkataan dan permintaan hanya karena rasa ingin membalas budi.

Itu dia deretan alasan dibalik penolakan seorang teman ketika ditawari banyak bantuan oleh temannya sendiri. Meski tidak mau dibantu oleh siapapun, cobalah untuk memberikan penolakan yang logis dan mudah mengerti agar teman kamu semua tidak tersinggung.

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya