Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senang

Udah terlalu berlebihan, nih #IDNTimesLife

Waktu merupakan bagian paling penting dalam hidup, kita tahu itu. Makanya, pembagian waktu harus dibagi sedemikian rupa, tentu antara waktu buat kesenangan dan waktu untuk kepentingan lainnya. 

Namun, ada lima tanda nyata jika kamu perlu mengurangi waktu untuk bersenang-senang dalam hidup. Jangan abai akan hal ini, dampaknya bisa sangat buruk jika terus menerus dibiarkan. 

1. Kamu sering melupakan kewajiban yang lain hanya karena keasyikan main

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senangilustrasi orang bersenang-senang (pexels.com/Helena Lopes)

Setiap orang yang hidup di dunia ini tahu mana yang menjadi keinginan dan mana yang sudah menjadi sebuah kewajiban. Jika dalam hal ini kamu sering melupakan kewajiban hanya karena keasyikan main, ada pembagian waktu yang begitu buruk. 

Pada akhirnya, kamu perlu mengurangi waktu untuk bermain-main atau bersenang-senang secepat mungkin. Jangan sampai melupakan kewajibanmu dari berbagai sisi kehidupan, atau dampaknya bisa lebih buruk dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya. 

2. Waktu bersenang-senangmu memicu dampak buruk yang berkepanjangan

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senangilustrasi orang menari bersama (pexels.com/Kampus Production)

Setiap orang berhak untuk menghabiskan sisa waktu luangnya untuk bersenang-senang, tidak ada yang melarang hal itu. Namun, cobalah untuk memperhatikan dampaknya, apakah baik atau buruk. 

Jika saja waktu bersenang-senang mu memicu dampak buruk yang berkepanjangan, harus ada pengurangan waktu untuk kamu bermain. Jangan jadikan alasan sebagai penghilang penat, banyak hal positif lainnya yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

Baca Juga: Ini 5 Dampak Buruk Terus Menerus Bekerja hingga Mengabaikan Waktumu

3. Nilai kamu dalam hal pendidikan menurun secara drastis 

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senangilustrasi orang mengenyam pendidikan (pexels.com/Ivan Samkov)

Pendidikan dalam kehidupan kita saat ini tergolong sangat penting, bahkan nilai dari mata pelajaran yang kamu pelajari berperan sangat penting dalam segala hal. 

Jika saja nilai kamu dalam pendidikan begitu rendah atau menurun secara drastis, artinya perlu ada pengurangan waktu main dalam hidupmu. Bukan maksud untuk membatasi cara kamu bersenang-senang, tapin harus ada keseimbangan di antara keduanya. 

4. Progres hidupmu jadi lebih lambat dan sulit untuk ada kemajuan

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senangilustrasi orang bermain-main (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang sangat berharap bahwa kehidupannya bisa memiliki peningkatan demi peningkatan kedepannya, yang mana hal ini berpengaruh dari cara kamu bekerja atau cara kamu dalam mendapatkan penghasilan. 

Namun, jika saja progres hidupmu jadi lebih lambat dan sulit untuk ada kemajuan, mungkin ini waktunya bagi kamu untuk mengurangi waktu bersenang-senang. Pikirkan dengan baik bagaimana cara kamu membagi waktu, atau kehidupanmu tidak akan ada peningkatan sama sekali. 

5. Antusias kamu dalam hidup lebih condong pada main-main saja

5 Tanda Kamu Perlu Mengurangi Waktu untuk Bersenang-senangilustrasi orang makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bermain-main atau bersenang-senang memang menjadi kegiatan yang sangat menarik dan penuh dengan antusiasme. Namun, jangan sampai kamu mengabaikan kepentingan lainnya, antusiasme itu punya peranan yang sangat penting. 

Jika antusias kamu dalam hidup lebih condong ke main-main saja, banyak hal buruk yang akan terjadi, salah satunya timbul kemalasan. Makanya, kurangi waktu bersenang-senang mu, tentu demi memicu antusiasme yang lebih pada kepentingan yang lainnya. 

Tidak ada yang salah jika kita ingin memiliki waktu lebih dalam bersenang-senang. Namun, beberapa tanda di atas harus bisa kamu perhitungkan, kurangi waktu bermain mu jika itu merugikan diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Ingat ketika Merasa Hidupmu Kurang Beruntung 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya