Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang Lain

Jangan mengurusi hal yang tidak penting!

Pada dasarnya, ada begitu banyak orang yang masih meluapkan ketidaksukaannya pada seseorang dengan hujatan yang cukup tajam. Meski tahu bahwa itu salah, hujatan demi hujatan tetap ada dan tidak ada habisnya.

Jika kamu mengalami perlakukan kurang baik dari orang lain, ada baiknya untuk tidak meresponsnya terlalu berlebihan, bahkan sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa menahan diri meski dihujat orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak lepas kontrol atas diri sendiri yang pada akhirnya bersifat merugikan

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang LainPexels.com/Moose Photos

Mendapat hujatan memang bisa bikin kamu cepat emosi, apa yang mereka ucapkan sangat menyakiti perasaanmu. Namun, bukan berarti kamu boleh melepas kontrol atas diri sendiri.

Jangan pernah lepas kontrol yang sudah jelas sifatnya merugikan, kamu harus bisa menahan diri sebaik mungkin agar tindakan dan ucapanmu bisa dikendalikan dengan sebaik-baiknya.

2. Pandangan orang lain terhadapmu akan selalu berbeda dan tidak ada habisnya

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang LainPexels.com/Tim Samuel

Menanggapi hujatan orang lain sebenarnya tidak ada gunanya, pandangan orang lain terhadapmu akan selalu berbeda dan bahkan tidak ada habisnya.

Cobalah untuk lebih menahan diri dan tidak terlalu terpancing emosi, orang yang menghujat bisa berdatangan silih berganti karena tidak hanya satu atau dua orang saja yang menilaimu dari sudut pandang yang sama.

Baca Juga: Jangan Baper, Lakukan 5 Langkah Ini Saat Mendapat Kritikan dari Bos! 

3. Kamu gak perlu membuang banyak tenaga untuk sesuatu yang kurang penting

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang LainPexels.com/Pixabay

Sebagian besar orang menganggap bahwa setiap hujatan dari orang lain bukan sesuatu yang patut dilawan, bahkan kamu gak perlu membuang banyak tenaga untuk sesuatu yang sifatnya kurang penting.

Akan jauh lebih baik jika kamu bisa menahan diri sekalipun dihujat orang lain. Bukan karena kamu takut atau menjadi penakut, lebih baik mengurusi sesuatu yang sifatnya jauh lebih krusial dalam hidupmu.

4. Kamu harus hidup untuk diri sendiri, bukan orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, mendapati hujatan berarti kamu terlihat buruk di mata orang lain. Namun sayangnya, hidup gak harus selamanya baik di mata orang lain saja.

Cobalah untuk hidup demi diri sendiri dan bukan orang lain. Selama yang kamu lakukan benar dan tidak merugikan orang lain, untuk apa melawan hujatan yang sudah jelas tidak ada untungnya.

5. Balik menghujat hanya akan membuatmu sama buruknya

5 Alasan Kamu Harus Bisa Meredam Emosi Meski Dihujat Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Menahan diri merupakan cara terbaik untuk melawan hujatan. Jika kamu membalas, makan perbuatanmu akan sama buruknya dengan orang yang menghujat.

Keburukan tidak selamanya harus dibalas dengan keburukan pula, ada masa di mana menahan diri menjadi jalan terbaik agar tidak terjadi saling menghujat satu sama lain.

Itu dia deretan alasan kamu harus bisa menahan diri meski dihujat orang lain. Meski hal ini menyikit perasaanmu, menghujat balik orang lain hanya akan membuatmu merasa lebih buruk.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Semua Kritikan Orang Perlu Kamu Tanggapi dengan Serius

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya