Comscore Tracker

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang Lain

Gak boleh diremehkan?

Ingkar janji sering kali menjadi bagian yang paling diremehkan dalam hidup ini. Alasannya cukup beragam, salah satu yang paling banyak digunakan adalah masih ada hari lain untuk bisa mengatur waktu janjian. 

Di sini kita bukan bicara bisa atau tidaknya, tapi menepatinya atau tidak. Buat kamu yang suka ingkar janji, sedikitnya ada lima saran buat kamu yang sering kali ingkar janji dengan orang lain. Simak beberapa sarannya di sini!

1. Jangan buat janji jika kamu sudah tahu akan mengingkarinya

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang LainUnsplash.com/Muhammad Ruqi Yaddin

Kita memang tidak bisa mengontrol sesuka hati kapan janji tersebut dapat ditepati, namun sebagian besar orang sadar jika dirinya adalah orang yang gak pernah bisa menepati janji setiap saat. 

Jika kamu tahu kondisimu seperti itu, jangan buat janji yang sudah pasti akan diingkari. Jangan memaksakan sesuatu yang gak pernah bisa kamu tepati, atau itu akan menjadi bumerang bagi diri kamu nantinya. 

2. Jangan jadikan ingkar janji sebagai kebiasaan karena sifatnya merugikan

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang LainUnsplash.com/christopher lemercier

Mengingkari janji sebenarnya tidak hanya terjadi karena kesibukan atau terhalang oleh waktu, tapi juga sudah ada kebiasaan yang membuat ingkar janji bukan hal tabu lagi. 

Padahal, kamu sama sekali gak boleh menjadikan ingkar janji sebagai kebiasaan yang dilumrahkan. Nyatanya, hal tersebut sifatnya bisa sangat merugikan bagi orang lain maupun diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!

3. Buat jadwal sedemikian rupa agar kegiatanmu bisa tertata dengan baik

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang LainPexels.com/energepic.com

Dalam hidup, kita harus bisa me-manage segala sesuatu yang sifatnya krusial bagi dirimu, salah satunya adalah waktu. Dalam hal ini, manajemen waktu punya peranan penting dalam menepati atau tidaknya janji yang kamu buat. 

Nyatanya, jika kamu tipikal orang yang sering kali ingkar janji, cobalah untuk mengatur jadwal sedemikian rupa agar kegiatanmu bisa tertata dengan baik. Ingkar janji biasanya terjadi karena ada kegiatan yang saling bertabrakan, dan itu gak baik buat hidupmu. 

4. Buat diri kamu lebih menghargai waktu yang orang lain sempatkan

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang LainPexels.com/JÉSHOOTS

Ingkar janji sebenarnya tidak hanya sebatas mengingkari apa yang sudah kamu setujui, tapi juga membuang banyak waktu yang sudah orang lain sisihkan. 

Padahal, menghargai waktu menjadi bagian yang sangat penting dari berbagai macam sisi kehidupan. Waktu tidak bisa diulang kembali, jangan membuang banyak waktu orang lain dengan keegoisanmu. 

5. Kamu harus tahu bagaimana rasanya janji yang diingkari oleh orang lain

5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang LainPexels.com/Quốc Bảo

Setiap orang pastinya sudah tahu bahwa ingkar janji merupakan tindakan yang gak baik karena sifatnya sangat mengesalkan. Hanya saja, hal ini tidak akan sampai sepenuhnya pada orang yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya diingkari janji. 

Buat kamu yang sering ingkar janji, kamu harus tahu bagaimana rasanya janji yang tidak ditepati orang lain. Paling tidak, hal tersebut membuatmu sadar bahwa tindakan tersebut benar-benar harus segera dihentikan.

 

Itu dia deretan saran buat kamu yang sering kali ingkar janji dengan orang lain. Yang namanya janji sudah pasti harus ditepati, kamu gak bisa membuat berbagai macam alasan untuk terhindar dari kesalahan.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghindari Ingkar Janji pada Orang Lain, Simak Sekarang!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya