Comscore Tracker

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam Perdebatan

#IDNTimesLife Awas emosi!

Sebagian besar orang menggunakan media perdebatan untuk memecahkan suatu masalah. Meski kemenangan adalah puncak dari suatu perdebatan, bukan berarti kekalahan menjadi akhir dari segalanya.

Demi menghadapinya, sedikitnya ada lima sikap yang perlu kamu ambil ketika mengalami kekalahan dalam perdebatan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Menghargai setiap hasil dari perdebatan yang kamu ikuti

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam PerdebatanPexels.com/fauxels

Setiap perdebatan pada dasarnya gak selamanya membuahkan hasil akhir yang sesuai dengan harapan. Ada masanya pandanganmu gak dianggap benar oleh sebagian besar orang.

Kekalahan memang gak seindah kemenangan, namun tetap menghargai setiap hasil dari perdebatan tetap harus dilakukan. Apa pun hasil akhirnya, menerima dengan lapang dada merupakan sikap terbaik.

2. Mencoba untuk tetap tenang sekalipun kamu kalah dalam perdebatan

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam PerdebatanPexels.com/RF._.studio

Kalah dalam perdebatan memang bisa bikin kita gelisah dan ada rasa kekecewaan. Namun, mencoba untuk tetap tenang menjadi sikap terbaik yang bisa kamu lakukan.

Tenang dalam artian gak terlalu ambil pusing atas kekalahan yang kamu alami dalam perdebatan, masih ada kesempatan lain yang bisa membuat kamu memenangkan perdebatan lainnya.

3. Belajar menerima karena menang kalah dalam perdebatan wajar terjadi

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam PerdebatanPexels.com/fauxels

Suatu perdebatan bisa terjadi karena adanya perbedaan pendapat dari berbagai pihak. Pada akhirnya akan ada yang menang dan yang kalah setelah hasil akhir dari perdebatan telah disepakati.

Hal ini menegaskan pada kita semua bahwa menang kalah dalam perdebatan sudah sewajarnya terjadi. Yang pasti kita harus bisa belajar menerima itu semua, di mana ada kemenangan, di situ ada kekalahan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengalah saat Bertengkar & Berdebat Kadang Jadi Pilihan Baik

4. Mengontrol emosi karena kalah dalam perdebatan bisa memicu amarah kamu

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam PerdebatanPexels.com/fauxels

Kalah debat sejujurnya bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh. Emosi kamu bisa memuncak seketika dan bukan gak mungkin untuk lepas kontrol dalam situasi dan kondisi tertentu.

Sikap terbaik setelah kalah debat adalah mengontrol emosi pada saat itu juga. Jangan biarkan emosi menguasai diri kamu hingga pada akhirnya menimbulkan keributan yang tidak terduga.

5. Gak mengeluarkan kalimat yang dapat memicu keributan

5 Sikap yang Perlu Kamu Ambil ketika Kalah dalam PerdebatanPexels.com/fauxels

Setelah kalah debat, banyak sekali kalimat-kalimat gak baik yang mulai muncul di kepala kita. Jika sudah berada dalam puncaknya, kalimat tersebut bisa keluar tanpa kontrol dan bisa menyinggung orang lain.

Hal ini menegaskan pada kita semua bahwa setelah kalah debat, sebaiknya jangan mengeluarkan kalimat yang dapat memicu keributan. Bukan hanya gak baik dalam hal ucapan, hal ini juga bisa membuat orang lain ikut tersulut emosi.

Itu dia deretan sikap yang perlu kamu ambil ketika kalah dalam perdebatan. Meski kalah debat itu sangat gak enak di hati dan bikin frustrasi, bersikap dengan kepala dingin harus tetap dilakukan.

Baca Juga: 5 Manfaat Berdebat, Bisa Melatih Kedewasaan Lho!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya