Comscore Tracker

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lain

Selalu ikut campur? 

Setiap orang pastinya punya opininya masing-masing dalam menilai suatu hal, kita tahu itu. Hanya saja, gak semua orang yang beropini bisa diterima dengan baik secara keseluruhan, bahkan kamu sendiri menolaknya mentah-mentah begitu saja. 

Tanpa disadari, orang yang gak pernah bisa menerima opini dari orang lain punya tanda-tanda yang begitu jelas. Seperti apa tandanya? Yuk simak lima ulasannya di bawah ini. 

1. Selalu mendebat opini orang lain dengan penuh nafsu dan emosi

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lainilsutrasi orang berdebat (pexels.com/Kaboompics .com)

Tidak ada salahnya jika kita ingin adu opini dan argumen dengan orang lain. Hanya saja, harus dengan cara yang baik dan benar, tidak mengikuti hawa nafsu dan juga emosi semata. 

Jika ada emosi yang nyata dan benar-benar lepas kendali, kamu sebenarnya tidak bisa menerima opini orang lain. Kamu ingin merasa benar sendiri, amarahmu dijadikan sebagai bentuk ketidaksetujuan. 

2. Sering membantah pendapat orang lain bagaimanapun bentuknya

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lainilsutrasi orang membantah opini (pexels.com/RF._.studio)

Saling membantah dalam perbedaan pendapat memang kerap kali terjadi, bahkan tidak ada kepedulian bagaimanapun bentuk opini yang dilontarkan. Meski terkesan wajar, ada hal lain yang sebenarnya di luar konteks yang ada. 

Nyatanya, saling membantah tanpa menilai opini nya seperti apa menjadi tanda bahwa kamu memang gak pernah bisa menerima opini. Penolakannya benar-benar terjadi secara langsung, tanpa ada pertimbangan sama sekali. 

3. Tidak mau menyaring segala macam opini tentang positif dan negatifnya

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lainilsutrasi orang tidak peduli opini (pexels.com/Ivan Samkov)

Sebuah opini memang bisa melahirkan sesuatu yang sifatnya sangat negatif. Namun, kita tidak bisa memukul rata akan hal itu, opini juga bisa menciptakan hal positif yang menguntungkan. 

Namun, bagi orang yang tidak bisa menerima opini dari orang lain, segalanya akan disimpulkan secara merata bahwa itu sebuah kesalahan. Tidak mau menyaring segala macam opini tentang positif dan negatifnya, semuanya dipandang buruk. 

Baca Juga: 6 Cara Elegan Menghadapi Orang yang Beda Pendapat dengan Kamu

4. Selalu merasa tersinggung ketika ada saran yang masuk dari orang lain

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lainilsutrasi orang tersinggung (pexels.com/fauxels)

Opini yang keluar dari pemikiran orang lain bukan hanya bersifat sebuah pernyataan semata, tapi bisa juga sebuah saran yang menurutnya lebih baik untuk kamu terapkan. 

Namun, akan terjadi sebuah ketersinggungan jika kamu sendiri tipikal orang yang gak bisa menerima opini orang lain. Merasa bahwa diri sendiri direndahkan, yang padahal bukan tidak mungkin jika orang lain hanya bermaksud membantumu melewati kesulitan. 

5. Tidak ada pemikiran untuk melihat dari sudut pandang orang lain tentang opini yang ada 

5 Tanda jika Kamu Gak Pernah Bisa Menerima Opini dari Orang Lainilsutrasi orang cuek beropini (pexels.com/cottonbro)

Setiap opini yang ada pastinya berasal dari orang dengan sudut pandang yang berbeda. Namun, gak semua orang mau mencerna opini orang lain, bahkan terkesan menganggapnya tidak ada. 

Hal ini biasanya terjadi karena tidak ada pemikiran untuk melihatnya dari sudut pandang orang lain. Setiap opini lahir dari mindset yang berbeda-beda, dan kamu menolak untuk melihatnya dari kacamata orang lain. 

Itu dia deretan tanda jika kamu gak pernah bisa menerima opini dari orang lain. Cobalah untuk sedikit menghargai keberadaan opini yang ada, opini yang kamu miliki akan diperlakukan sesuai dengan cara kamu memperlakukan setiap pendapat yang ada. 

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Enggan Menyatakan Pendapat dan Memilih Diam

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya