Comscore Tracker

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain Gagal

Kalahkan rasa takutmu adalah kunci dalam menjalani hidup

Merasakan takut itu hal yang wajar terjadi, karena semua orang akan merasa takut  dengan hal-hal tertentu, tapi dengan kadar yang berbeda. Boleh merasa takut, tapi jangan sampai ketakutan yang kamu rasakan ini, membuat hidupmu frustasi dan patah arah. Cobalah untuk mengalahkan rasa takutmu, karena yang bisa melakukan itu semuanya adalah dirimu sendiri.

Kegagalan menjadi hal yang ditakutkan oleh banyak orang, sehingga banyak kita jumpai orang yang gagal sebelum mencobanya terlebih dahulu. Padahal, gagal setelah mencoba akan lebih baik daripada gagal sebelum mencoba.

Selain takut gagal, inilah deretan hal lain yang seringkali ditakutkan oleh sebagian besar orang dalam hidupnya.

1. Takut menerima kegagalan

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain GagalIlustrasi berdoa ( unsplash.com/naassom)

Memimpikan kesuksesan menjadi impian semua orang, tapi untuk mewujudkan semua itu, perlu adanya kerja keras. Sampai kapanpun kesuksesan, tidak akan bisa kalian dapatkan, jika kalian sendiri masih terus merasa takut gagal dalam hidup ini.

Gagal itu awal dari kesuksesan, sekali dua kali gagal, itu tidaklah masalah, terus berusaha dan berdoa, akan menghantarkan kalian pada kesuksesan. 

2. Takut kehilangan sesuatu ataupun seseorang yang berarti

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain GagalIlustrasi mesra ( unsplash.com/Freestocks)

Kehilangan sesuatu ataupun seseorang yang berarti dalam hidup ini, bukanlah hal yang mudah untuk kita terima. Contohnya, banyak orang merasa takut kehilangan pasangan, sehingga membuat mereka bersikap over-protektif dalam menjalani hubungan.

Padahal apa yang kita miliki, tidak akan abadi, semuanya hanya titipan. Jika suatu saat diambil oleh sang pencipta, kita hanya bisa bersikap ikhlas. Percayalah ketika kita kehilangan sesuatu, maka akan ada gantinya yang lebih baik lagi.

3. Takut sakit

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain GagalIlustrasi sedih ( unsplash.com/Ben white)

Rasa takutmu yang teramat besar, sebenarnya bisa menjadi sumber penyakit. Ketika alam bawah sadarmu merasa adanya ketakutan, malah justru akan mengundang banyak penyakit untuk menyerang tubuhmu.

Obat segala penyakit, ternyata dari pikiran yang positif. Maka kendalikan rasa takutmu, ya! Dengan begitu, penyakit minggat dan kamu akan jauh dari penyakit.

Baca Juga: 5 Ketakutan Terbesar saat Menjalin Hubungan dengan Seseorang

4. Takut memberi sebagian harta

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain GagalIlustrasi menghitung uang (unsplash.com/Artem)

Sebagian besar orang tidak sayang untuk membelanjakan hartanya untuk membeli barang-barang yang mereka sukai.

Berbeda halnya saat memberi sebagian hartanya, mereka akan begitu sangat perhitungan. Padahal mereka seharusnya tahu, memberi tidak akan mengurangi hartamu, yang ada justru akan menambah hartamu semakin berkah dan banyak lagi.

Yuk, mulai rajin memberi, dengan begitu hidupmu akan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.

5. Takut menjadi tua dan kurang menarik lagi

5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain GagalIlustrasi mengubah penampilan ( unsplash.com/ Obi)

Takut menjadi tua dan kurang menarik lagi, membuat banyak orang melakukan berbagai perawatan, supaya bisa menjaga penampilannya.

Terlihat awet muda, menjadi dambaan setiap orang, namun menjadi tua itu pasti. Boleh melakukan perawatan agar terlihat lebih muda, namun jangan sampai membuat kalian menjadi takut tua. Jadi nikmati sisa hidupmu, dengan tidak perlu risau dengan merasa takut tua.

Takut itu manusiawi, tapi jangan sampai rasa takutmu membuat hidupmu menjadi tidak berarti. Hadapi semuanya, kalahkan rasa takutmu, yakin menjadi kuncinya.

Baca Juga: 5 Jenis Ketakutan yang Banyak Orang Alami Jelang Usia 30, Kamu Juga?

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya