Comscore Tracker

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!

Jangan sedih! Kamu punya banyak kesempatan untuk berkembang

Kamu pernah mendengar bahwa pertemanan itu penting? atau kamu sering dikhawatirkan orang lain karena kamu jarang bersosialisasi. Dan mungkin orang lain menganggap seseorang yang tidak memiliki teman adalah sesuatu yang buruk. Namun, seperti biasa cerita selalu memiliki dua sisi. Akan menjadi sah-sah saja ketika kamu tidak terganggu dengan tidak memiliki teman, meskipun sendiri tapi kamu tak merasa kesepian.

Ketika kamu merasa cemas mengapa kamu tidak memiliki teman dan merasa sedih, tapi tenang! Kamu perlu baca ini, lima keuntungan ketika kamu tidak memiliki teman, berikut ini! 

1. Kesendirian akan membangkitkan kreativitas

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!Ilustrasi perempuan (Pexels.com/Olya Kobruseva)

Ketidakmampuan berinteraksi sosial dengan orang lain di satu sisi bukanlah sesuatu yang negatif. Ketika kamu menghindar dari temanmu untuk fokus pada perkembanganmu saya rasa itu bukan sesuatu yang buruk. Bukan berarti, memiliki interaksi yang intens dengan banyak teman merupakan sesuatu yang buruk. Tapi, ini tentang pilihan seseorang, memilih memiliki banyak teman, atau tidak memiliki teman sama sekali. 

Kamu mungkin mengetahui bahwa jika kamu sendirian, akan ada banyak waktu untuk berpikir, atau berimajinasi yang dapat meningkatkan kreativitasmu. Terkadang, menghabiskan dengan banyak orang dapat mengalihkan perhatianmu dari ide yang kamu punya, karena beberapa hal memerlukan waktu untuk fokus sendiri dalam mengerjakannya.

Misalnya kamu ingin menulis, menggambar, atau hal lainnya akan memerlukan waktu untuk fokus dalam mengembangkan karya kamu. Terkadang, kebisingan mampu mengganggumu dalam mengerjakannya.

2. Akan menemukan perspektif yang baru

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!Ilustrasi perempuan (Pixels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu berada di sekitar teman kamu, saudaramu,  atau lingkungan lainnya, secara tidak sadar kamu akan mengikuti bagaimana mereka bersikap agar mereka nyaman denganmu. Seperti yang kita ketahui berusaha menjadi orang lain adalah sesuatu yang buruk. 

Alih-alih kamu berfokus pada diri sendiri, kamu terus mempertimbangkan apa yang mereka pikirkan atau kamu akan terus berusaha menyesuaikan sikap kamu dengan orang lain. Dengan sendiri, kamu akan dapat kebebasan untuk menganalisis apa yang kamu lihat secara objektif tanpa bias. 

Baca Juga: 5 Keistimewaan Cowok Extrovert Ketika Jadi Teman, Pantas Banyak Teman

3. Kesendirian memberi kamu waktu yang lebih banyak untuk mengejar minat kamu

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!Ilustrasi wanita melukis (Pexels.com/Ana Sverts)

Setiap orang memiliki minat, bakat, atau passion tersendiri. Beberapa orang sulit menemukan minatnya dikarenakan tidak memiliki waktu yang banyak untuk berbincang atau menggali dirinya sendiri. Ketika kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain atau mencermin sikap mereka, kamu akan kesulitan menemukan minatmu sebenarnya ke arah mana. Nah! bagi yang tidak memiliki teman, tidak perlu sedih. Kamu memiliki kesempatan untuk menggali minatmu. 

Saat sendiri, kamu akan cenderung bosan dan akan mencari-cari hal apa yang harus kamu lakukan dan kamu sukai. Dengan demikian, jika kamu terus terus melakukan hobimu, kamu akan semakin terlatih. 

4. Kesendirian memberikan waktu untuk lebih dekat dengan diri sendiri

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!Ilustrasi perempuan sedang membac (Pixels.com/George Milton)

Ketika kamu sendirian kamu memiliki waktu untuk bertumbuh, karena dengan "me time" kebutuhan bagi dirimu sendiri akan terpenuhi. Terkadang, ketika berada di sekitar orang lain kita terlalu fokus memenuhi keinginan mereka.

Hubungan kamu dengan dirimu sendiri itu penting, lho. Karena ketika kebutuhan bagi dirimu sudah terpenuhi, kamu akan siap untuk memiliki hubungan dengan orang lain. 

5. Kamu akan jauh dari pengaruh negatif teman dan reputasimu akan terjaga

5 Keuntungan Tidak Punya Banyak Teman, Terhindar dari Drama!Ilustrasi perempuan (Pixels.com/Mikhail Nilov)

Tak menutup kemungkinan orang di sekitarmu memiliki gaya hidup yang buruk, ketika kamu memiliki teman seperti itu, kamu akan cenderung terpengaruh untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, ketika kamu banyak berkumpul dengan orang lain, biasanya akan diwarnai obrolan-obrolan pribadi yang mungkin kamu akan terpancing untuk membicarakan hal pribadimu.

Jika kamu tidak memiliki teman, pastikan memanfaatkan waktu untuk mendapat keuntungan di atas. Setiap orang punya pilihan masing, memilih memiliki banyak teman, atau tidak memiliki teman sama sekali. Jadi, hargai saja pilihan mereka, ya! 

Baca Juga: 5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan, Ampuh!

Aneu Rizky Yuliana Photo Verified Writer Aneu Rizky Yuliana

A girl without others.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya