Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikah

Demi menyenangkan diri sendiri dan pasangan halalmu

Kebanyakan orang berpendapat, setelah menikah menjaga penampilan itu gak lagi penting. Selain karena merasa diri 'sudah laku', fokus utamamu sekarang tidak lagi soal tampilan fisik semata. Melainkan ada segudang tanggung jawab yang mesti dijalankan sebagai seorang suami atau pun istri.

Akan tetapi siapa sangka, bahwa merawat penampilan itu hukumnya tetap wajib, meskipun kamu sudah menikah. Bukan semata-mata agar terlihat mempesona saja, namun ada alasan khusus kenapa kamu perlu melakukannya. Berikut lima alasan yang bisa mendorongmu untuk terus memerhatikan penampilan diri pasca berumah tangga.

1. Sebagai bentuk self-reward untuk dirimu sendiri

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikahilustrasi gerakan yoga (pexels.com/Cliff Booth)

Tentu kamu sudah gak asing lagi dengan istilah self-reward atau memberikan penghargaan pada diri sendiri. Nah, salah satu bentuk self-reward itu bisa dengan cara merawat diri. Sempatkan waktu di sela-sela kesibukanmu untuk melakukan spa, berolahraga, pergi ke salon atau membeli beberapa potong pakaian di butik favoritmu.

Melihat tampilan diri di cermin yang terlihat segar, bugar dan sehat, tentu membuat hatimu senang sekaligus bangga, dong. Meskipun sebagian besar penghasilanmu per bulan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, gak ada salahnya sisihkan sedikit buat memanjakan tubuhmu yang sudah bekerja keras selama ini. 

2. Bentuk usahamu untuk menyenangkan hati pasangan

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikahilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Gustavo Fring)

Meskipun kalian berdua sudah sama-sama berkomitmen untuk menerima pasangan apa adanya, dalam keadaan baik maupun buruk, tapi gak ada salahnya berusaha membahagiakan doi, dong. Tentunya lewat penampilanmu yang tetap mempesona seperti saat awal menikah dulu.

Untuk itu, kamu perlu rajin-rajin melakukan perawatan diri. Mulai dari ujung kaki sampai ke ujung rambut. Perhatikanlah dengan detail. Berani taruhan. Walaupun pasanganmu bilang mau menerima kamu apa adanya, tapi kalau melihatmu berpenampilan menarik begini, pasti dia juga bakal merasa senang dan makin cinta, deh.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Wajah selama WFH, biar Gak Gampang Breakout

3. Penampilan yang oke menjadi salah satu bukti bahwa hidupmu bahagia

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikahilustrasi hangout sama teman (pexels.com/Ron Lach)

Memang tidak ada yang mengharuskanmu mengatakan ke semua orang, bahwa kehidupan pernikahanmu bahagia. Akan tetapi dengan memperlihatkan penampilan yang oke dan sehat, bisa jadi salah satu bukti kalau kamu, tuh menikmati mariage life-mu dengan baik.

Lain cerita ketika kamu datang ke acara reuni dalam keadaan kumal dan terlihat lelah. Bisa-bisa orang lain akan berpikir kamu sedang ada masalah keluarga. Meskipun itu cuma karena kamu gak mau peduli sama penampilan dirimu lagi, sih. Makanya, mulai sekarang gak ada salahnya kamu lebih perhatian sama penampilanmu, ya.

4. Merawat penampilan sama saja dengan menjaga kesehatan, lho!

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikahilustrasi perawatan di rumah (pexels.com/Gustavo Fring)

Tahu apa tidak, ternyata saat kamu melakukan aktivitas merawat penampilan, ini sama saja sedang menjaga kesehatanmu, lho. Bagaimana tidak, ketika kamu tengah perawatan rambut dan badan, pergi ke gym dua kali seminggu atau makan makanan sehat demi menjaga berat badan ideal, secara otomatis tubuhmu akan menjadi lebih bugar.

Jadi gak cuma penampilanmu saja yang terlihat semakin menarik, tetapi juga tubuhmu dijamin lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, gak ada salahnya mulai sekarang sempatkan waktu untuk melakukan perawatan diri, ya. Gak perlu mengeluarkan banyak uang, kok. Kamu bisa mencari langkah alternatif yang disesuaikan sama budget masing-masing. 

5. Penampilan yang paripurna membuatmu tetap percaya diri walaupun gak lagi muda

5 Alasan Kamu Harus Tetap Menjaga Penampilan meskipun Sudah Menikahilustrasi hangout sama teman (pexels.com/Kampus Production)

The last but not least, yang namanya rasa percaya diri itu datang dari dalam dirimu sendiri. Salah satunya melalui penampilan. Usia boleh saja sudah masuk ke akhir kepala tiga, namun secara fisik dan aura kamu masih terlihat awet muda. Ini berkat ketekunanmu dalam merawat diri dan menjaga kebugaran tubuh.

Kalau sudah percaya diri begini, sih mau tampil di mana saja dan berhadapan dengan siapa saja, kamu gak bakal merasa gentar apalagi minder. Urusan rumah tangga juga menjadi tambah harmonis, bebas dari gangguan orang ke tiga atau godaan-godaan lainnya.

Urusan merawat penampilan ternyata tidak berhenti setelah kamu resmi menikah, ya. Justru setelah berumah tangga, kamu harus lebih perhatian sama penampilanmu. Bukan hanya demi menyenangkan hati pasangan halal-mu saja, kok. Tetapi ini juga sebagai upaya menghargai diri sendiri, serta menjaga keharmonisan rumah tangga kalian.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Cowok Sebaiknya Tidak Menyepelekan Penampilan  

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya