Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombong

Sering gak disadari nih

Setiap orang tentu mempunyai sifat yang berbeda-beda. Ada yang termasuk pemalu, mudah marah, gak tegaan sama orang lain, sombong dan lain-lain. Meskipun sifat tersebut melekat pada diri masing-masing, namun gak semua orang bisa menilai sifat apa yang ada pada dirinya.

Tak jarang, justru orang lain yang sanggup mengetahuinya. Seperti sifat sombong misalnya. Sifat ini, tergolong negatif dan membuat seseorang yang memilikinya, tak jarang dijauhi oleh teman-temannya.

Nah, kalau penasaran apakah kamu termasuk orang yang berpotensi mempunyai sifat sombong atau tidak, coba cek kelima tanda di bawah ini. Kalau mayoritas tandanya, ada padamu bisa dipastikan kamu mempunyai potensi jadi orang yang tinggi hati.

1. Tahu tapi gak mau mengakui kekurangan yang dimiliki

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombongunsplash.com/ freestocks.org

Semua orang tentu mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Makanya, gak perlu malu mengakui kekurangan yang dimiliki. Tak masalah, jika ingin menutupinya dengan kelebihan, tapi kalau sampai kamu gak mau mengakui terus terang justru itu yang akan jadi boomerang.

Orang yang cenderung tinggi hati, akan menolak jika dia memiliki kekurangan dan merasa mampu melakukan segala hal. Bukan karena ingin berusaha melawan kelemahannya, hanya saja dia gak mau dipandang lemah karena kekurangan tersebut.

2. Merasa tak terima jika ada orang lain lebih unggul

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombongunsplash.com/ Eliott Reyna

Tiap kali teman dekatmu meraih prestasi dan bisa melampauimu, maka kamu akan merasa tidak enak hati. Tak hanya iri, kamu akan mati-matian berusaha menjatuhkan dia dan kembali menjadi lebih unggul darinya.

Sebenarnya tak masalah sih, berkompetisi tapi lakukan itu dengan sehat. Jika dia bisa mengalahkanmu, tentu saja itu karena usaha dia lebih keras darimu. Ketimbang
menyalahkan orang lain, lebih baik kamu introspeksi diri saja dulu. Siapa tahu, dari situ kamu bisa mengambil pelajaran, dan mencontoh hal baik darinya. Sehingga nantinya, kamu dapat mencapai prestasi serupa.

3. Senang dipuji namun marah kalau dikritik

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombongunsplash.com/ Ben White

Siapa sih yang gak senang saat mendapatkan pujian? Tentu tiap orang akan merasa bangga, ketika dirinya disanjung. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki bibit tinggi hati pada dirinya, dia tak akan terbuka dengan yang namanya kritikan. Baginya, hanya pujian saja yang pantas didapatkan. 

Padahal, kritik tak selalu sama dengan penghinaan. Justru dengan mendengar saran dari orang lain, kamu bisa mendapatkan masukan, yang akan membuatmu semakin berkembang.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Karakter Jang Man Wol "Hotel Del Luna"

4. Selalu ingin menunjukkan kelebihan yang dimiliki

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombongunsplash.com/ Joshua Reddekopp

Sama halnya dengan kekurangan yang dibahas di awal tadi, tiap orang tentu mempunyai kelebihannya masing-masing. Meskipun kamu tahu punya potensi yang mumpuni di suatu bidang tertentu, cukup tunjukkan itu melalui karya saja. Tak perlu sesumbar, apalagi jika gak ada buktinya.

Orang yang sombong selalu punya keinginan untuk terlihat menonjol dibanding teman-temannya. Semisal, ketika kamu baru saja mendapatkan juara pertama lomba vokal tingkat nasional, rasa-rasanya gak cukup sehari-dua hari untuk memamerkan prestasi tersebut, pada semua orang.

Tentu awalnya mereka akan kagum atas pencapaianmu itu. Namun lama kelamaan, mereka akan jenuh dan menganggap kamu berlebihan, lho.

5. Cenderung berorientasi pada materi

5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombongunsplash.com/ Taneli Lahtinen

Tanda yang terakhir adalah, orang yang cenderung sombong biasanya akan mengedepankan materi. Apalagi yang mudah untuk dipamerkan, selain barang-barang mewah dengan harga yang mahal. Tentu, kamu sanggup membeli tas dengan harga juta-an rupiah, tapi itu cukup untuk konsumsi pribadi saja.

Jika motivasimu membeli barang-barang tersebut, hanya untuk dipamerkan saja, maka sudah tentu kamu berpotensi menjadi pribadi yang sombong. Yakin, orang akan memandang kagum kepadamu? Siapa tahu, lho mereka justru akan merasa jengah dengan sikap sombongmu itu.

Gimana, apakah kamu merasa kelima tanda di atas ada padamu atau tidak? Jika iya, segera diubah mulai sekarang ya.

Baca Juga: 4 Karakter Seseorang dalam Percintaan Berdasarkan Urutan Kelahirannya

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You