Comscore Tracker

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimu

Jadi suka pamer dan haus pujian

Sombong jadi salah satu sifat yang dihindari banyak orang. Mengetahui ada teman yang hobi pamer ini-itu pasti membuatmu risi dan jengkel sendiri menghadapinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan, lho kalau ternyata tanpa sadar kamu juga punya potensi untuk menjadi orang yang sombong. 

Seperti apabila kamu sering menunjukkan kelima tanda berikut ini. Waspada, karena itu berarti bibit kesombongan mulai tumbuh dalam dirimu. Yuk cek apa saja tanda yang dimaksud! 

1. Selalu gatal post segala aktivitasmu ke media sosial

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimupexels/Gabby K

Ada keinginan dalam dirimu untuk selalu menunjukkan segala aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Sayangnya, apa yang ditampilkan itu tak selalu murni apa adanya, alias kebanyakan justru dibuat-buat. Seperti saat kamu pergi belanja ke mall, nongkrong bersama teman di café mewah atau pergi liburan ke luar negeri. 

Apa pun agendanya, selama itu terlihat wah kamu selalu gatal ingin cepat-cepat post fotonya ke media sosial. Apalagi tujuannya, kalau bukan untuk mendapatkan banyak likes dan membuat orang lain iri? Duh, penting banget memangnya!

2. Membeli barang-barang mahal bukan karena butuh tapi sekedar untuk dipamerkan ke orang lain

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimupexels/freestocks.org

Kamu termasuk orang yang selalu mengikuti tren dan perkembangan zaman. Sifat konsumtif pada dirimu pun lama-kelamaan semakin menjadi-jadi. Sekarang kalau mau membeli barang tidak lagi mempertimbangkan fungsi. Apakah kamu sedang butuh barang tersebut atau tidak. Asalkan terlihat mewah dan tengah hype, pasti deh langsung dibeli. 

Terkadang kamu sampai rela merogoh uang tabungan demi menuruti gengsi tersebut. Lagi-lagi alasannya sederhana, ingin terlihat berada dan disanjung banyak orang. Miris, ah!

Baca Juga: Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombong

3. Mulai menyaring teman berdasarkan materi yang mereka miliki bukan lagi kepribadiannya

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimupexels/ELEVATE

Bibit kesombongan ini juga merambat ke urusan pertemanan. Sekarang, kamu jadi makin selektif dalam memilih teman. Bukan berdasarkan sifatnya yang nyambung denganmu atau tidak, tapi soal materi. Kamu jadi enggan berbaur dengan mereka yang termasuk ekonominya lemah dan hanya mau bergaul dengan kalangan berada saja. 

Tujuannya jelas dong, biar orang lain mengira kamu setara dengan mereka. Hati-hati, lho belum tentu kamu cocok dengan lingkungan tersebut. Apalagi statusnya memaksakan diri supaya terlihat sama. Bisa-bisa kamu jadi kewalahan mengikuti standar mereka.  

4. Merasa puas ketika menerima pujian dari banyak orang dan kesal jika keberadaanmu diabaikan

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimupexels/Andrea Piacquadio

Semakin lama kamu semakin senang saat mendapatkan pujian. Otomatis, demi bisa terus disanjung oleh banyak orang, kamu jadi makin getol mencari perhatian. Gak peduli deh, apakah sanjungan tersebut diberikan secara tulus atau hanya sekadar modus.

Bisa saja, lho ada teman yang sengaja meninggikanmu dengan tujuan merendahkan. Karena tahu kamu lagi gila hormat mereka justru memanfaatkannya. Sementara ketika sedang pamer dan gak ada yang merespons, itu bisa membuatmu kesal sendiri. 

5. Kamu malas menerima kritik karena merasa diri sendiri paling benar

Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimupexels/ELEVATE

Tidak hanya soal pamer materi saja, kamu juga kerap kali berlagak sok pintar di depan teman-temanmu. Padahal sebenarnya pengetahuan yang kamu miliki masih sangat terbatas. Eh, giliran ada yang memberikan koreksinya, kamu malah tersinggung. Kamu sama sekali gak suka menerima kritik dan terus saja merasa diri paling pandai di antara yang lain. Duh, tahu gak sih, sifat ini hanya akan membuatmu sulit berkembang dan cuma jalan di tempat? Selama kritik itu bagus dan membangun, gak ada salahnya diterima dengan lapang dada, kan?

Kamu sendiri pun sadar kalau orang yang sombong itu terlihat menyebalkan. Jadi, masa iya, kamu mau ikut-ikutan menjadi salah satu dari mereka? Pikirkan orang-orang di sekitarmu juga. Jangan sampai mereka menjaga jarak dan pada akhirnya menjauh karena kamu gak bisa mengontrol diri. Bisa-bisa kamu nanti jadi gak punya teman sama sekali, lho! Mau? 

Baca Juga: Ingatlah 5 Hal Ini supaya Kesuksesan Gak Lantas Membuatmu Sombong

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya