Comscore Tracker

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagi

Ditanya hari ini balasnya tiga hari lagi

Dalam pertemanan, menjaga etika itu tidak hanya diperlukan saat kamu bertemu secara fisik saja dengan teman-temanmu. Namun juga, ketika kalian menjalin komunikasi secara daring. Misalnya, melalui pesan singkat atau telepon. Jangan sampai gara-gara kamu gak bisa menjaga sikap selama berbalas pesan, teman-temanmu jadi ilfeel dan malas berkomunikasi denganmu. 

Untuk itu, kamu perlu tahu, nih trik membalas pesan singkat teman dengan baik, supaya mereka gak merasa kesal sama kamu. Salah satunya adalah dengan tidak melancarkan kelima cara di bawah ini. Karena bukannya bikin obrolan kalian makin seru, yang ada teman-temanmu justru jadi kapok menghubungimu lagi. 

1. Hanya memberikan balasan berupa emotikon, padahal pertanyaannya serius, lho!

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagiilustrasi membalas pesan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang karena gak berani bilang secara langsung, temanmu jadi memilih bertanya padamu melalui pesan Whatsapp. Tentu saja sebelumnya doi sudah berusaha merangkai kata dengan baik dan benar, supaya kamu jangan sampai salah paham. Apalagi jadi tersinggung membaca pesan darinya.

Eh, bukannya memberikan jawaban yang ditunggu-tunggu, kamu malah membalasnya dengan singkat pakai emotikon doang. Alhasil, temanmu jadi kecewa, dong. Selain karena rasa penasarannya tidak terjawab, gambar yang kamu kirimkan itu juga gak jelas apa maksudnya.

Jadi, daripada capek-capek nanya lagi, doi memilih untuk menyudahi obrolan kalian. Padahal, mungkin saja kamu hanya berniat untuk menggodanya. Cuma momennya gak pas, sih kalau begini.

2. Statusmu online terus, sih tapi pesan dari kawanmu ini gak juga dibaca apalagi dibalas

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagiilustrasi memegang ponsel (pexels.com/Thành Đỗ)

Entah karena lagi malas ngobrol sama doi atau memang terlewatkan, meskipun online pesan darinya gak kunjung kamu balas. Mengetahui hal ini, bisa jadi temanmu jadi berpikiran buruk, lho. Jangan-jangan memang benar kamu gak tertarik menggubrisnya sama sekali. Padahal bisa saja kamu meluangkan waktu sejenak untuk membalas pesannya, kok.

Sekali bertindak demikian mungkin teman-temanmu masih bisa maklum. Tapi jika ini jadi kebiasaan, ya gak usah heran kenapa tiba-tiba ponselmu sepi notifikasi. Karena lama-lama malas juga diperlakukan seperti itu. Makanya, jangan sok sibuk, deh kalau gak sibuk beneran. Siapa tahu, di antara pesan-pesan yang kamu abaikan itu ada informasi penting, lho. Kan kamu sendiri yang dirugikan.

3. Kamu suka pamer dan merendahkan lawan bicaramu, meskipun itu melalui chat

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagiilustrasi melihat pesan (pexels.com/RODNAE Productions)

Ternyata kebiasaanmu yang suka pamer itu gak cuma ditunjukkan pada saat kumpul bareng teman-temanmu saja. Tetapi juga ketika kalian lagi ngobrol di grup Whatsapp. Tiap kali ada salah seorang teman yang disorot dan mendapatkan pujian, kamu langsung gak terima. Bukannya turut mengapresiasi kelebihan yang mereka miliki, kamu justru gak mau kalah dan menyombongkan diri.

Siapa juga yang tahan lihat tingkah-polahmu ini? Belum lagi, kamu sering kali merendahkan orang lain. Supaya nampak lebih baik darinya. Hati-hati, lho ketikanmu ini bisa jadi bumerang yang membuatmu terlihat buruk. Syukur-syukur kamu gak sampai didepak dari grup. Tapi tentu saja di belakangmu mereka akan selalu membahas sikap buruk ini.

Baca Juga: 5 Etika Dasar Saat Pinjam Uang Teman, Sudah Tahu?

4. Pesan dari kawanmu ini hanya dibaca tapi gak kamu balas sama sekali

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagiilustrasi membaca pesan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ada yang lebih parah, sih ketimbang tak kunjung membaca dan membalas pesan teman. Yakni, hanya membuka pesan tersebut tanpa membalasnya sama sekali. Bahkan sekadar dengan emotikon. Sedangkan isi pesan yang dimaksud itu bukan hanya basa-basi. Bisa dibilang urgent, meskipun menyangkut kepentingan temanmu, bukan dirimu.

Tapi ketika kamu bersikap demikian, itu sama halnya dengan meremehkan urusan orang lain, lho. Sementara bisa jadi, ketika kamu mau membaca isi pesannya, temanmu ini dapat terbantu. Kamu, kan gak tahu apa ada yang terlewatkan. Karena hanya membuka sekilas dan gak benar-benar cari tahu apa isinya.

5. Kamu kerap kali membuat tangkapan layar dari obrolan kalian dan menjadikannya status di media sosial

5 Cara Membalas Pesan Ini Bikin Teman Malas Menghubungimu Lagiilustrasi menyimpan pesan (pexels.com/Sasha Kim)

Mungkin mengunggah hasil percakapanmu dengan seorang teman ke media sosial itu hal yang biasa. Tapi nyatanya ini bukan tindakan yang sopan, lho. Ditambah lagi, di dalam pesan tersebut ada pembahasan yang sifatnya sensitif. Belum tentu juga temanmu bersedia, obrolan kalian ditunjukkan ke banyak orang. 

Makanya, kebiasaan ini kadang suka bikin kawanmu marah dan kecewa. Bagaimana tidak, mereka sudah percaya curhat ke kamu, tapi kok malah begini caramu membalasnya. Sudah, deh lain kali teman-temanmu gak akan cerita tentang masalahnya lagi padamu.

Meskipun hanya berupa pesan singkat, nyatanya tetap diperlukan yang namanya sopan santun, ya. Bukan berarti obrolan kalian harus formal dan jadi kaku, lho. Hanya saja ada beberapa cara membalas pesan yang sebaiknya dihindari. Supaya tidak menimbulkan masalah dan berbuntut panjang. Lagi pula kalau kamu diperlakukan seperti itu, apa gak sakit hati?

Baca Juga: Cukup Jadikan Privasi, Ini 5 Etika Menolak Gebetan Saat PDKT

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya