Comscore Tracker

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang Tulus

Kehadirannya bak malaikat yang menentramkan

Ketika terjun bersosialisasi di tengah masyarakat, tentu kita bakal berhadapan dengan banyak orang dengan berbagai karater yang berbeda- beda dan unik. Terkadang, sebagai benteng pertahanan diri, kita wajib berpegang teguh pada pendirian yang dianggap benar. Dalam berteman misalnya, tak jarang kita menemui beberapa tipe orang yang terlihat baik dari luar, ternyata ujung-ujungnya menusuk dari belakang.

Lalu bagaimana caranya bisa tahu, seseorang itu sungguh tulus berlaku baik pada kita, tanpa ada pamrih di balik perlakuan manisnya itu? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah, dengan memperhatikan sikap yang ditunjukkannya. Bila 6 sikap ini terlihat padanya, bisa jadi tanda dia memang memiliki hati yang tulus serta punya niat yang baik.

1. Saat kamu tengah menghadapi masalah, dia akan dengan senang hati membantumu

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/Genessa Panainte

Seorang yang berhati tulus, gak akan tega melihat sesamanya menderita saat tengah menghadapi suatu masalah. Bila dia tahu ada yang lagi kesusahan, bahkan tanpa diminta sekalipun, dia gak akan ragu untuk membantu. Walau terkadang, dia juga sedang kesulitan, akan tetapi itu tidak akan menyurutkan niatnya untuk memberikan sedikit bantuan.

Apalagi jika itu adalah kamu, temannya sendiri. Makanya gak heran saat ada masalah, dia adalah orang pertama yang ingin kamu datangi untuk berkeluh-kesah. Karena saat dekat dengan dia, kamu bisa merasa nyaman dan tertolong dengan kalimat nasihatnya yang menenangkan, serta bantuan yang selalu tepat sasaran.

2. Terlihat jelas dia gak pernah membeda-bedakan dalam berteman

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/ Trust "Tru" Katsande

Memiliki hati yang tulus, akan membuat seseorang tak lagi memandang apa yang dimiliki orang lain menguntungkan buatnya atau tidak. Karena memang di dalam berkawan, dia gak pernah menilik dari status sosial maupun paras tampan dan cantik semata. Dirinya akan terbuka dengan siapapun yang ingin dekat dengannya.

Namun meskipun begitu, ketika ada satu-dua orang yang memiliki niat buruk kepadanya, maka dia juga gak akan segan membangun tembok perbatasan di antara mereka. Baginya, daripada harus melibatkan diri ke hal-hal negatif, lebih baik menghindari konflik tersebut sebelum terjadi.

3. Ketika tengah asik bergosip beramai-ramai, dia memilih untuk diam dan gak banyak berkomentar

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/Matheus Ferrero

Sebenarnya bisa saja dia memilih angkat kaki dari obrolan yang hanya diisi dengan gosip, membicarakan keburukan orang lain. Namun, memilih tetap tinggal adalah tindakan yang menunjukkan kalau dia masih menghargai kalian sebagai teman-temannya. Toh, memang gak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang gemar membahas tentang kehidupan pribadi orang lain yang sebenarnya gak ada sangkut pautnya sama dia.

Tapi tetap duduk di tempat bukan berarti dia ikut menyimak obrolan kalian, lho. Tentu dia bakal banyak diam dan gak tertarik untuk menanggapi.

Baca Juga: 6 Bukti Nyata Kalau Seseorang Mencintaimu dengan Setulus Hati!

4. Dia bisa menjadi tempat curhat yang menyenangkan dan dijamin rahasiamu akan aman

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/Darya Skuratovich

Kamu gak pernah ragu untuk menceritakan persoalan pribadimu ke dia. Karena memang selama ini, dia bisa dipercaya dan diandalkan, serta gak akan membocorkan masalah pribadimu ke orang lain. Di samping menjadi pendengar yang baik, dia juga bisa memberikan masukan yang positif. Sifatnya yang netral, akan membantumu melihat persoalan dari sisi yang lain.

Sebaiknya, dengarkan nasihat serta masukannya dijamin deh masalahmu bisa menemui titik cerah dan segera bisa diselesaikan dengan baik.

5. Lebih suka memberikan pujian ketimbang cibiran

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/Greg Raines

Tentu kamu pernah melihat kan, ada orang yang hobi banget memberikan pujian pada orang lain secara berlebihan, bahkan sengaja di depan banyak orang. Apalagi tujuannya, kalau gak supaya terlihat baik di mata orang lain. Tapi bagi mereka yang berhati tulus, pujian itu keluar dari mulutnya tanpa maksud apa-apa. Jika memang seseorang layak diberikan pujian maka dia gak akan sungkan mengatakannya.

Sebaliknya, saat ada teman yang melakukan kesalahan fatal dia gak akan merasa perlu untuk mencibir. Karena baginya, lebih baik diam ketimbang harus berkata buruk. Lagi pula, dia sadar betul sebagai sesama manusia, dirinya juga gak akan luput dari kesalahan.

6. Dia mempunyai banyak teman yang sangat loyal di sekelilingnya, dan mereka gak pernah sekalipun berkata buruk tentangnya

Tanpa Sadar, 6 Sikap ini Cerminan Seseorang Punya Hati yang TulusUnsplash.com/Melissa Askew

Sebagaian dari kita pasti pernah dengar kalimat, "Apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai". Jika seseorang memperlakukan orang lain dengan tulus, tentu dia bakal mendapatkan balasan yang sepadan. Orang yang tulus, otomatis akan memiliki banyak teman yang loyal terhadapnya. Mereka gak akan berkata jelek tentang dia di belakangnya, karena memang gak ada keburukan apapun yang bisa dibeberkan.

Bagaimana, apakah di sekitarmu ada kandidat orang yang menunjukkan keenam sikap di atas? Jika iya, tentu kehadirannya kerap kali dinantikan dan membuat orang di sekitarnya merasa nyaman. 

Baca Juga: Jangan Ngaku Tulus Mencintai Kalau Belum Paham 7 Ujian Pernikahan Ini

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You