Comscore Tracker

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang Lain

Biar gak beban!

Hidup di dunia tidak lepas dari namanya pro dan kontra, sehingga sebaik apa pun seseorang, tetap ada pihak yang tidak menyukainya. Meski demikian, jangan langsung ciut dan merasa diri sudah tidak berdaya, apalagi jika kamu kerap mendapatkan sindiran, entah sindiran halus maupun terang-terangan dari orang-orang di sekelilingmu.

Jika kamu bisa berpikir positif,  maka usahakan untuk tidak terpancing emosi ketika mendapatkan sindiran dari orang-orang di sekitar. Meski menyakitkan hati, namun cobalah untuk berlapang dada. Berikut ini 5 manfaat yang bisa kamu rasakan jika mau berlapang dada menerima sindiran dari orang lain.

1. Terbebas dari sifat mendendam kepada orang lain

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang LainUnsplash.com/ Ben Konfrst

Beruntunglah jika kamu bisa menjadi pribadi yang tidak mendendam, sebab dendam ikut mempengaruhi suasana hati bahkan akan membuat hati kian sempit karena terus saja termakan sindiran orang lain.

Ketahuilah, dengan berlapang dada, kamu tak akan ambil pusing dengan sindiran yang masuk ke telingamu. Justru kamu mengambil pelajaran berharga dari sindiran tersebut. Jika sindiran tersebut positif, maka kamu akan mengambilnya sebagai hikmah berharga untuk kelangsungan hidupmu.

Sebaliknya, jika sindiran itu adalah deretan kalimat negatif, maka kamu tidak perlu memasukkannya ke hati karena kamu berlapang dada dengan hal tersebut.

2. Hidup lebih enteng dan tenang

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang LainPixabay.com/Free-Photos

Ada banyak upaya yang bisa kamu lakukan untuk bisa menikmati hidup lebih enteng dan tenang. Salah satunya dengan bersikap lapang dada terhadap sindiran yang mampir ke telingamu. Biasanya, orang-orang yang sibuk memikirkan perkataan orang lain, maka hidupnya menjadi tidak tenang dan tak karuan. Bahkan tidur malam pun bisa tidak nyenyak lantaran tak jemu memikirkan apa yang orang lain katakan.

Ingat, tidak semua manusia di dunia ini menyukai kita sepenuhnya, sehingga jangan ambil pusing saat ada orang lain menyindir kita dengan penuh cela.Teruslah melangkah maju dan biarkan mereka sibuk dengan kalimat-kalimat buruknya.

Baca Juga: Bikin Hidup Tenang, 5 Hal Positif Ini Perlu Dilakukan di Tahun 2020!

3. Tidak ada beban pikiran

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang LainUnsplash.com/ Brooke Cagle

Beban pikiran biasanya datang karena seseorang terlalu sibuk memikirkan perkataan orang, alhasil ia akan terus menyibukkan diri menelaah setiap perkataan orang hingga membuat hidupnya semakin runyam. Ingatlah, jangan buat benakmu penuh dengan ingatan akan sindiran buruk orang lain. Buang jauh-jauh dan lapangkan hati dalam menyikapinya. Dengan begitu beban pikiran pun lenyap.

Ketahuilah, hidup ini singkat dan sebentar, jangan habiskan waktu hanya untuk memikirkan perkataan yang tidak menentu dari orang-orang sekitar, fokuslah memperbaiki diri dan teruslah menebar kebaikan  semampu kamu.

4. Kamu jadi lebih fokus menjalani hidup

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang LainUnsplash.com /Arturo Castaneyra

Orang-orang yang tidak sibuk memikirkan perkataan orang lain, biasanya akan hidup lebih mudah. Ini karena mereka fokus dengan pilihan hidup mereka. Jadikan lapang dada sebagai sikap terbaik dalam menanggapi orang-orang yang sibuk menyindirmu tanpa jemu.

Nantinya, para penyindir akan lelah sendiri dengan perbuatan mereka. Lagipula tidak ada gunanya saling berbalas sindiran dengan mereka, sebab hidupmu akan semakin tidak karuan nantinya.

5. Energimu terus positif

5 Manfaat Jika Kamu Bisa Berlapang Dada Mendapat Sindiran Orang LainUnsplash.com/Jeremy Perkins

Saat kamu sudah terbiasa untuk tidak membalas perlakuan buruk orang lain, kamu akan memiliki energi positif yang senantiasa menyala selama kamu hidup. Ini terjadi karena pemikiranmu yang bersih dari segala hal negatif, sehingga kamu mampu bersikap masa bodoh dengan berbagai sindiran yang datang.

Ingatlah, setiap sindiran dari orang lain hanya sampai ujung lidahnya saja. Jika kamu menampik sindiran itu dengan bersikap lapang dada, maka lambat laun mereka yang sibuk menyindirmu akan undur diri sendiri karena lelah dengan keadaan. Yuk, jadi pribadi yang berjiwa besar!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menerima Kritik dengan Lapang Dada

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya