Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku Hedonisme

#PANJATPOIN Hidupmu jauh lebih berarti!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Pandangan ini kerap dipakai sebagian orang urban dalam menjalani kehidupannya.

Padahal kehidupan dengan orientasi hedonisme malah akan membuat seorang manusia tak pernah puas dalam mencari kesenangan materi,  sehingga kerap menabrak norma hingga menghalalkan segala cara untuk memperoleh kenikmatan materi yang sebenarnya semu.

Perilaku hedonisme hanya membuat manusia semakin sulit mengendalikan hawa nafsunya sehingga tanpa pikir panjang melakukan segala hal demi memperoleh kesenangan dunia. Karena itu,  sebaiknya perilaku hedonisme tidak menjadi bagian dari lifestyle setiap orang, sebab bisa menjadi candu yang ujungnya malah menghancurkan diri sendiri.  

Jika kamu sudah terjebak dengan perilaku ini,  maka tidak ada salahnya untuk berpikir ulang dan mulai meninggalkan perilaku hedonisme. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mau meninggalkannya,  berikut ini 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

1. Hidupmu jadi lebih nyaman

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku HedonismeUnsplash.com / Colton Duke

Keuntungan meninggalkan kebiasaan atau perilaku hedonisme membuat hidupmu jauh lebih baik dan lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Ini karena adanya perubahan pola hidup dari sebelumnya tidak baik menjadi baik.

Saat kamu hidup dengan apa adanya tanpa sibuk menuhankan ego demi mendapatkan kesenangan semu tentu dapat membuat roda kehidupanmu jauh lebih baik. Kamu pun menjadi lebih lega dalam menikmati hidup.

2. Peka terhadap orang lain alias tidak egois

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku HedonismeUnsplash.com/Harli Marten

Seseorang yang larut dalam perilaku hedonisme, biasanya cenderung egois dan sibuk mementingkan urusan sendiri ketimbang orang lain. Istilahnya, seperti menganggap hidup di dunia ini hanya miliknya sendiri.

Hidup dengan egois dapat membuat seseorang tidak peka terhadap orang lain. Hal ini tentu tidak bermanfaaat, karena sebagai makhluk sosial, kita perlu berinteraksi dengan sesama.

Ketika kamu meninggalkan perilaku hedonisme dalam hidup, maka keuntungannya kamu menjadi lebih baik lagi dalam mengelola diri, salah satunya tidak lagi egois dan mulai peduli terhadap sekitarmu.

Baca Juga: 7 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Biar Gak Jadi Hedon!

3. Kamu jadi tidak lagi konsumtif

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku HedonismeUnsplash.com/Daria Shevtsova

Seseorang yang menganut paham hedonisme dalam hidupnya, tentu tak lepas dengan yang namanya budaya konsumtif atau senang membelanjakan sesuatu dengan nominal uang yang tidak sedikit.

Perilaku konsumtif tidaklah baik untuk menjadi pola hidup sebab dengan begitu hidupmu jadi tidak terkendali. Karena itu menghilangkan perilaku hedonisme seperti budaya konsumtif pada dirimu tentu sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidupmu ke depan, karena kamu dapat menjaga hidupmu dari pengaruh hal-hal yang merugikan.

4. Menjadi manusia yang tidak mubazir dan boros

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku HedonismeUnsplash.com /Volkan Olmez

Perilaku hedonisme memang membuat hidup seseorang jauh dari perbuatan yang bermanfaat, sebab perilaku hedonisme membuat manusia seolah lupa diri dan larut mengejar kesenangan sebagai goal utama.

Salah satu contoh perilaku tidak bermanfaat yang dilakukan seseorang yang menganut paham hedonisme ialah mudahnya melakukan pemubaziran di segala aspek, mulai dari mubazir waktu, mubazir uang karena sibuk berbelanja hal-hal yang terkadang hanya benda-benda tersier, hingga mudah melakukan pemborosan.

Jika tidak dikendalikan, perilaku seperti itu akan membuat seseorang terlena. Untuk itu bersyukurlah bagi kamu yang mau meninggalkan perilaku hedonisme dalam hidupmu, sebab kamu berupaya untuk lebih jeli dan tidak lagi mubazir dalam menjalankan hidup.

5. Kamu jadi lebih bertanggung jawab terhadap hidupmu

5 Keuntungan yang Kamu Peroleh Jika Meninggalkan Perilaku Hedonismeunsplash.com/Benjamin Davies

Menjadi pribadi yang tidak lagi mengedepankan hedonisme tentu dapat mengubah hidupmu jauh lebih bermakna dari sebelumnya. Salah satunya kamu jadi lebih bertanggung jawab terhadap hidup yang sedang kamu jalani.

Ini terjadi karena adanya kesadaran diri setelah sebelumnya larut dalam perilaku hedonisme yang tak pernah membuat manusia berpuas diri. Saat seseorang bertanggung jawab dengan hidup yang ia jalani, maka dengan sendirinya ia pun akan peduli dengan orang-orang yang ada di dekatnya dan semakin tinggi rasa empatinya.

Demikianlah 5 keuntungan yang bisa kamu peroleh jika meninggalkan perilaku hedonisme. Ingatlah, jangan sia-siakan hidupmu hanya demi mencari kesenangan sebagai tujuan utama hidup. Masih banyak hal-hal bermanfaat lain yang bisa kamu lakukan ketimbang sibuk mengejar-ngejar kenikmatan semu lewat perilaku hedonisme. Yuk, mulai berubah!

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kalian Berhemat & Mengatur Keuangan

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya