Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!

Yuk, mulai tulis artikel lucu! #IWF2020

Selain artikel yang berisi informasi dan kabar dunia, di platform menulis biasanya ada juga kategori tulisan yang bergenre hiburan seperti artikel humor. Artikel humor biasanya berisi hiburan dan kejadian-kejadian yang sedang viral tetapi dikemas dengan sudut pandang yang berbeda, sehingga hanya menonjolkan sisi kocaknya saja.

Selain berguna sebagai sarana hiburan, artikel humor biasanya juga berfungsi sebagai media pemikiran dan kritikan terhadap suatu isu. Sehingga untuk membuatnya tidak asal comot atau asal tulis saja. Dalam acara talkshow Indonesia Writer Festival yang digelar oleh IDN Times hari Kamis Tanggal (24/09/2020). M. Bimo Aprilianto dari IDN Times memberikan tips-tipsnya, dalam membuat sebuah artikel humor yang epic. Berikut lima tips Bimo dalam membuat artikel kategori humor. Check this out! 

1. Jangan malu untuk follow akun-akun receh 

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!Pixabay.com/Fancycrave1

Hal pertama menurut Bimo adalah jangan malu untuk follow akun-akun receh yang ada di media sosial. Biasanya akun-akun tersebut akan mem-posting hal-hal yang berbau humor dan kocak, dalam setiap unggahannya.

Jika kita berniat untuk membuat sebuah artikel humor kita harus mencari bahan tulisannya terlebih dahulu, salah satu caranya adalah dari akun-akun receh tersebut. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba follow akun-akun receh tersebut mulai sekarang demi kelancaran menulis artikel humor kamu yang bahannya dari media sosial.

2. Buat parameter sendiri, walau itu meme atau foto-foto kocak lainnya

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!Pixabay.com/Stevepb

Sebagai seorang penulis, apapun genrenya kamu tetap harus memiliki parameter atau aturan sendiri dalam menetapkan tulisan humor kamu. Menurut Bimo ini sangat penting karena tidak semua bahan humor yang ada di media sosial layak untuk dibuat artikel. 

Misalnya untuk meme atau foto-foto kocak di media sosial yang akan kita pakai sebagai rujukan artikel harus lah yang relavan, untuk dikonsumsi publik. Sebab biasanya meme yang banyak tersebar di media sosial cenderung memakai kata-kata kasar atau vulgar, sehingga kecocokannya sebagai bahan artikel perlu divalidasi terlebih dahulu.

Disini lah insting penulis kamu perlu dipakai untuk menilai, apakah meme atau gambar kocak tersebut sesuai atau tidak dengan artikel humor yang sedang kita buat.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Kiat Menuangkan Tulisan ke Dalam Film ala Fajar Nugros

3. Punya jiwa detektif untuk mencari sumber utama 

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!Pixabay.com/Pexels

Menurut Bimo, tips ketiga dalam membuat artikel humor adalah kita harus memiliki jiwa detektif untuk mencari sumber utama informasi dari media sosial tersebut. Meskipun kita sudah follow banyak akun termasuk akun-akun receh tadi, kita harus tetap mencari informasi utama layaknya seorang penulis pada umumnya.

Sebab tidak semua akun receh yang kita pakai sebagai sumber ide tulisan humor, memiliki informasi yang konkret bisa saja hanya mengandung sebagian informasi atau bahkan hoax. Jadi skill detektif kita harus tetap dipakai walaupun itu dalam pembuatan artikel humor.

4. Tentukan dulu tujuan dari pembuatan artikel itu sendiri 

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!Pixabay.com/FirmBee

Dalam sesi awal webinar yang berjudul "Sosial Media Conversation to Online Articles" moderator sempat bertanya kepada para narasumber, bagaimana cara dalam membuat artikel dari sumber utamanya media sosial. Bimo sebagai salah satu narasumber di webinar tersebut berpendapat bahwa menentukan tujuan dari pembuatan artikel itu terbilang sangat penting.

Menurut Bimo, dalam membuat sebuah artikel kita harus memiliki tujuan untuk apa artikel itu dibuat, apakah sebagai sarana informasi, hiburan atau yang lainnya. Sehingga dalam pembuatan artikelnya pun kita tidak dipusingkan dengan beragam distraksi yang melanda sebab sudah memiliki tujuan dalam pembuatan artikel itu sendiri.

5. Kejadian viral di media sosial bisa menjadi sumber ide dalam penulisan artikel humor 

IWF 2020: 5 Tips Jitu Membuat Artikel Humor ala Bimo, Dijamin Kocak!Pixabay.com/LoboStudioHamburg

Terakhir, menurut Bimo kejadian viral di media sosial bisa menjadi sumber ide dalam penulisan artikel humor. Biasanya akan banyak gambar-gambar lucu atau meme yang kocak bermunculan, ketika hal tersebut sedang viral di media sosial.

Jadi jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk kamu yang suka menulis artikel humor, karena akan mempermudah kamu mendapatkan bahan serta ide tulisan.

Nah itu dia lima tips jitu membuat artikel humor ala Bimo dalam acara webinar yang digelar oleh IDN Times hari Kamis (24/09/2020). Semoga menambah inspirasi kamu dalam membuat artikel humor!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yuk

Angra Eni Saepa Photo Verified Writer Angra Eni Saepa

Write when young

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya