Comscore Tracker

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu Lancar

#RamadanMasaKini Puasa 18 jam ke atas, ayo aja!

Marhaban Ya Ramadan! Selamat datang bulan suci Ramadan! Di bulan ini teman-teman Muslim di seluruh dunia akan melakukan ibadah puasa sebulan penuh. Eits, tapi teman-teman tau ngga sih kalo panjang waktu puasa setiap belahan bumi berbeda loh!

Kita, yang tinggal di dekat katulistiwa, kurang lebih akan melaksanakan puasa selama 13-14 jam setiap harinya. Tapi teman-teman kita yang ada di belahan bumi utara, yang sebentar lagi akan memasuki musim panas, mereka harus berpuasa lebih dari 18 jam!

Beberapa kota di Swedia dan Norwegia bahkan ada yang hampir berpuasa 23 jam, dimana matahari hampir tidak pernah tenggelam. Tapi kota-kota khusus tersebut, biasanya mandapat keringanan dengan mengikuti waktu berbuka di Makkah.

Nah, bagi teman teman yang saat ini tinggal di negara yang berlokasi di utara katulistiwa, dan harus berpuasa lebih panjang daripada kami yang ada di Indonesia, berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar puasa lebih ringan dan lancar!

1. Manfaatkan waktu tidur di sore hari, bangun-bangun udah buka deh

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu LancarPexels.com/pixabay

Waktu berbuka puasa di sana biasanya di malam hari. Ada yang jam 8, ada juga yang jam 10 malam.

Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa memanfaatkan waktu sore hari untuk beristirahat agar memaksimalkan bangun malammu karena kamu baru bisa beristirahat malam sebentar saja.

Musim panas membuat matahari tenggelam lebih malam dan terbit lebih awal, sehingga waktu subuh pun lebih awal bisa jam 2 ataupun jam 3. Jadi kamu harus bangun sahur sebelum itu kan?

2. Maksimalkan waktu berbukamu! Makan sedikit tapi sering aja

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu LancarPixabay.com/rawpixel

Musim panas membuat waktu berbukamu hanya sebentar. Bisa jadi hanya 4 jam saja.Manfaatkan dengan maksimal yah!

Urutannya makan sedikit ketika berbuka, lalu makan besar di antara salat Maghrib dan Isya'. Setelah tarawih, bisa dilanjut ngemil sedikit dan minum yang banyak. Mau lanjut tidur boleh atau lanjut dengan tadarus dan shalat malam sampai sahur biar paha anya maksimal.

Baca Juga: 6 Tips Puasa untuk Ibu Hamil Agar Tetap Nyaman & Aman Bagi Janin

3. Jangan lupa sahur, biar kuat puasa seharian

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu LancarPexels.com/rawpixel.com

Kalau kamu memilih untuk tidur setelah tarawih, jangan lupa bangun setengah jam sebelum subuh ya. Makan secukupnya dan minum yang banyak. Meski cuma sedikit, makan sahur berpengaruh lho kepada staminamu.

4. Selektif memilih jenis makanan. Salah pilih, bisa lapar seharian!

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu LancarPixabay.com/Jacob-Medien

Pintar-pintarlah memilih makanan agar kamu bisa merasa kenyang seharian. Hindari makanan yang terlalu manis atau terlalu asin. Makanan yang asin, membuat kita cepat haus. Sedangkan makanan yang terlalu manis, membuat kita kenyang sesaat saja.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, kentang rebus, dan buah buahan. Perbanyak minum air putih karena cuaca ketika musim panas membuatmu lebih mudah haus.

5. Perbanyak salat malam, agar motivasi ibadah meningkat tajam

Lagi Puasa di Belahan Bumi Utara? Ini 5 Tipsnya Agar Puasamu LancarPixabay.com/mohamed_hassan

Dengan sedikitnya waktu malam yang kamu dapatkan, kamu bisa memaksimalkannya dengan beribadah terus-terusan. Sudah tau kan betapa intim dan berharganya waktu malam di antara kamu dan Sang Pencipta? Lepaskan doa-doamu ke langit dan bersujudlah hingga waktunya sahur. Setelah sahur nanti, kamu bisa beristirahat kembali hingga waktunya beraktivitas.

Itulah tadi 5 tips buat kamu agar puasa kali ini berjalan lancar dan berkah, meskipun harus berpuasa lebih lama dari biasanya. Luruskan niat puasamu agar mendapat pahala dan kebaikan dari Yang Di Atas. Selamat berpuasa!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Anisa Anggi Dinda Photo Community Writer Anisa Anggi Dinda

Kinda find a good way to share some experience here. Enjoy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You